Motocross Dunia Kembali


Action_RV_DeSalle_Searle_MXGP_2015_R02_RX_4695_edit

KETIKA Pemerintah Pusat masih galau menjadi tuan rumah MotoGP 2017, Pangkalpinang menyeruak sebagai tuan rumah Motocross Grand Prix (MXGP). Kontrak menggelar kejuaraan dunia motocross itu selama tiga musim mulai 2017.

Kepastian Pangkalpinang menjadi salah satu tuan rumah MXGP, diumumkan promotor MXGP, Youthstream, di sela-sela seri kedua MXGP 2016 di Sirkuit Suphan Buri, Thailand, Sabtu (5/3).

Pun penandatanganan kontrak langsung dilakukan Presiden Youthstream Group, Giuseppe Luongo, dengan Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah, setelah pengumuman resmi.

Ketika menandatangi MoU dengan Youthstream, tuan rumah dikenakan event/promotion fee sebesar 600 ribu dolar (Rp7,8 miliar) per tahun. Sistem pembayaran dibagi dalam dua termin.

Termin pertama adalah tiga bulan sebelum event, sedangkan sisanya tiga bulan setelah penyelenggaraan. Angka tersebut jauh lebih murah dari promotion fee MotoGP di Indonesia sebesar 2 juta euro (Rp28 miliar) per musim.

“Untuk tiga musim kedepan, terdapat seri MXGP di Indonesia. Kami senang menyambut kerjasama ini, karena sebelumnya pernah mengadakan evebt serupa di Indonesia. Penonton di Indonesia selalu luar biasa,” ungkap Luongo.

FIM Motocross World Championship pertama kali digelar 1957. Kemudian semenjak 1962, kejuaraan dunia tersebut dibagi menjadi MX1 (motor SE 450cc) dan MX2 (motor SE 250cc).

Kemudian mulai 2004, Federasi Motorsport Internasional (FIM) memercayakan pengelolaan event kepada Youthstream Group. Selanjutnya semenjak 2014, kelas premier MX1 berganti nama menjadi MXGP.

MXGP mempertandingkan motor 250cc 2T sampai 450cc 4T. Sedangkan di level MX2, motor yang dipakai adalah 125cc 2T sampai 250cc 4T.

Indonesia memang pernah empat kali menghajat kejuaraan dunia motocross tersebut. Bandung sebagai tuan rumah terakhir di edisi 1997 atau 19 tahun silam, setelah digelar di Yogyakarta, Bali dan Bandung.

pangpingp1

“Pangkalpinang siap menyambut tamu-tamu kami dari seluruh dunia. Kami punya mimpi bahwa Pangkalpinang bisa seperti Qatar dan lebih dikenal setelah MXGP diadakakan,” sahut Irwansyah.

“Ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia menggilai olahraga balap motor dan ingin semakin terlibat dalam event-event kelas dunia,” imbuh Irwansyah yang baru berusia 32 tahun itu.

Dengan demikian, Indonesia menjadi negara Asia ketiga dalam kalender MXGP, setelah Qatar dan Thailand. Kedua negara tersebut rutin menghajat MXGP semenjak 2013.

Salah satu kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini sudah menyiapkan tiga lokasi yang. Salah satunya di kawasan Pantai Pasir Padi. Untuk membuat sirkuit motocross, diperlukan lahan sekitar 20 hektar. Trek balapan sendiri hanya sepanjang 1,5 kilometer.

Untuk menerima tim-tim MXGP dari berbagai negara selama satu minggu, Pangkalpinang sudah memiliki beberapa hotel berstandar internasional seperti Aston, Novotel, Swissbel, Santika, serta sejumlah resort lain.

Pangkalpinang juga sedang memulai renovasi RSUD Depati Hamzah senilai Rp200 miliar. Mereka juga sudah menjalin kerjasama dengan Pemkot Bandung dan Universitas Florida untuk pengembangan tata kota.

Sementara frekuensi penerbangan dari dan ke bandara Depati Amir Pangkalpinang adalah 57 kali dalam sehari. Namun untuk penerbangan internasional, masih harus melalui Jakarta.

Pun mereka sudah menjajaki solusi dengan salah satu maskapai penerbangan nasional untuk membuka rute penerbangan dari Singapura ke Pangkalpinang.

“Prinsip kerja kami adalah semangat gotong royong. Kami mengupayakan untuk tidak menggunakan APBD, melainkan melalui sponsorship dengan BUMD maupun perusahaan swasta,” beber Irwansyah.

“Benefit yang bisa didapatkan tidak cuma untuk sekali penyelenggaraan, melainkan jangka panjang. Kami yakin MXGP memberi multiefek berupa percepatan ekonomi di Pangkalpinang dan sekitarnya,” tandasnya.

MXGP 2016 terdiri dari 19 seri yang dimulai 27 Februari di Qatar, ditutup akhir September di Italia. Event MXGP berlangsung Sabtu dan Minggu, setiap kelas memainkan dua race yang masing-masing berdurasi 30 menit plus 2 lap.

Stefan Everts tercatat sebagai pembalap langganan juara. Crosser Belgia itu memiliki koleksi sepuluh gelar di semua kelas. Belgia merupakan negara motocross terkuat, selain Prancis, Italia, Swedia dan Inggris.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783