motorsport

DEBUT Rio Haryanto di Formula 1 bersama Manor Racing, ternyata tidak berjalan mulus. Pembalap Indonesia pertama yang berpartisipasi di balapan jet darat itu hanya bertahan selama 19 lap di seri pertama, Minggu (20/3) di Australia.

Rio tak melanjutkan balapan, karena mobil Manor terus diparkir pasca red flag akibat insiden yang dialami Fernando Alonso dan Esteban Gutierrez.

“Sad to say we’ve had to retire @RHaryantoracing as his car has a driveline problem. He won’t be restarting. Rio was having a strong debut so we’re sorry to him for that,” demikian komentar Manor Racing melalui akun Twitter.

Posisi terakhir Rio sebelum balapan dihentikan adalah nomor 19, di depan Kevin Magnussen. Sebelumnya Daniil Kvyat juga out dari balapan, menyusul Alonso dan Gutierrez.

Diketahui mobil yang dikendarai Rio bermasalh dengan driveline. Itu adalah komponen yang berhubungan dengan penyaluran tenaga mesin mobil. Dalam sesi ujicoba di Barcelona yang berlangsung 1 Maret 2015, MRT05 yang dipakai Rio juga sempat mengalami kebocoran oli.

Rekan setim Rio, Pascal Wehrlein, mampu merampungkan debutn kendati finish paling terakhir dengan kondisi tertinggal satu lap dari sang juara Nico Rosberg. Pembalap Mercedes itu membukukan catatan waktu 1 jam 48 menit 15,565 detik.

Finish sebagai runner up adalah Lewis Hamilton, sedangkan Sebastian Vettel melengkapi podium ketiga. Mereka tertinggal 8 hingga 9 detik dari Rosberg.

Tujuh pembalap lain yang mendapatkan poin dari seri pembuka adalah Daniel Ricciardo, Felipe Massa, Romain Grosjean, Nico Huelkenberg, Valtteri Bottas, Carlos Sainz Jr dan Max Verstappen.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783