Fokus Latihan Fisik


inst10_PON_edit

SETELAH dipastikan bertanding di PON 2016, pembalap Kalimantan Selatan semakin intensif melakukan latihan, terutama ketahanan fisik.

Fisik menjadi kata kunci untuk pembalap, mengingat regulasi PON 2016 dipastikan tidak berubah. Motor yang digunakan tetap standar, seperti di kualifikasi PON 2016.

“Kendati hal utama dalam balapan adalah kecepatan motor, fisik pembalap juga menentukan. Dengan fisik yang bagus, konsentrasi dan fokus juga terjaga,” jelas Effendi Blegur, pelatih balap motor Kalsel.

Latihan fisik digelar rutin mulai Senin hingga Jumat di Kompleks Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru. Biasanya latihan dimulai pukul 15.00 hingga pukul 17.30.

“Latihan biasanya dimulai jogging, kemudian sprint beberapa meter, sit up dan push up. Dalam beberapa kesempatan, pembalap juga ikut latihan beban,” beber Effendi.

Selain latihan fisik di Banjarbaru, dalam sekali sepekan juga digelar latihan dengan motor di Sirkuit Balipat Binuang. Dua unit motor yang digunakan di kualifikasi PON 2016, tetap menjadi andalan.

Latihan diikuti keempat pembalap yang juga diturunkan di kualifikasi PON 2016. Mereka adalah Alpian Riduan, Iman Micko Eryandi, Okvan Irvana dan Maulan Noor Khairi.

Berbarengan dengan latihan, juga dilakukan seleksi terhadap empat pembalap. Mereka di antaranya Dedi SP, Hendra Rusady dan Rizki Abadi, “Dari keempat pembalap, hanya satu yang diambil untuk pembalap tambahan di kelas 125cc,” cetus Effendi.

Dengan demikian, formasi pembalap 150 sudah dipercayakan untuk Alpian, Iman dan Okvan. Satu pembalap terpilih, dinominasikan menemani Maulana di kelas 125cc.

Kalsel sendiri meloloskan pembalap di kategori perorangan dan beregu kelas 150cc, serta kategori perorangan kelas 125cc di kualifikasi PON 2016 yang berlangsung di Sirkuit Karting Sentul.

Tiket di kelas 150cc disumbangkan Alfian yang finish di peringkat kelima kualifikasi. Finish di posisi tersebut, Alfian membawa Kalsel lolos ke PON 2016 nomor perorangan.

Sesuai dengan regulasi kategori perorangan, setiap grup diambil sepuluh pembalap terbaik untuk bertanding di Jawa Barat 2016.

Selain lolos dari nomor perorangan, Alfian juga membawa Kalsel menembus nomor beregu 150cc. Bersaing dengan semua pembalap dari Grup A dan B, Alfian berada di peringkat 13 atau satu peringkat di atas kuota terakhir nomor beregu.

Sedangkan Maulana finish urutan 17 kualifikasi 125cc. Walau lolos di kategori perorangan, posisi tersebut membuat Kalsel urung masuk kualifikasi kategori beregu yang mengambil 14 finisher.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783