No Turning Back Di Meratus


IMG_8853

INDONESIA UTV Club dan Indonesia Offroad Expedition (IOX) tampaknya sehati dengan IMI Kalimantan Selatan yang berusaha mengembangkan wisata terpendam di Kalimantan Selatan. Semua dijawab melalui Meratus Expedition (MEx) 2016. Ini disebut-sebut sebagai event adventure tersangar dalam kalender 2016.

Berlangsung selama delapan hari semenjak 16 hingga 24 April 2016, MEx 2016 menjelajahi Pegunungan Meratus. Start dari Banjarbaru hingga menembus Tanah Bumbu dengan jarak total sekitar 374 kilometer. Rute terdiri 40 kilometer aspal dan 334 kilometer jalur offroad.

MEx 2016 memang menyedot banyak perhatian offroader dari berbagai daerah di Tanah Air. Hanya menyediakan kuota untuk 86 kendaraan dengan peraturan standar event IOX, semuanya sudah terisi tidak tersisa.

75 slot tersebut diisi alumni IOX Jogja Bali dan Batulicin. Sedangkan 15 slot diperuntukkan offroad Kalimantan lain dengan 6 di antaranya sudah diambil offroader Kalsel. Rombongan Batulicin yang menamakan diri mereka Team Naga dan dikomandani H Syamsuddin, memang menurunkan kekuatan penuh.

smn-sport
smn-sport

Berbeda dengan IOX Jogja Bali, MEx 2016 mengharuskan peserta tanpa support car dan tidak melewati jalur umum, sehingga mereka benar-benar mandiri selama di dalam hutan. Diyakini jalur tidak pernah dilalui mobil 4 X 4 sebelumnya, kecuali Syamsir Alam yang bertugas membuat rute.

“Jalur MEx 2016 paling ekstrim dari jalur-jalur yang pernah saya survey untuk kendaraan offroad. Banyak yang sudah tergerus air dan menjadi jalan single track karena dibentuk ban motor selama bertahun-tahun,” jelas Syamsir kepada smn-sport.com.

Itulah yang membuat MEx 2016 mengusung tagline ‘No Turning Back’, lantaran tidak terdapat jalur untuk memutar balik. Juga terdapat sekitar 45 jembatan atau gorong-gorong yang sudah rusak, sehingga mobil harus cebur ke sungai untuk menyeberang.

smn-sport
smn-sport

Bayangan rute itulah yang membikin scrutineering lebih diperketat. Setiap kendaraan di antaranya mesti memiliki winch dan sparepart, dua battery, alternator besar, kabel, solenoid dan tentu saja spare parts mobil yang cukup, selain makanan dan air minum.

“Dipastikan peserta tidak kecewa, karena dipastikan mendapat pengalaman yang berbeda. Sementara untuk Kalsel, ini kesempatan untuk menunjukkan kepada khalayak bahwa banyak tempat wisata yang belum diketahui orang banyak,” tegas Syamsir.

Disamping kondisi hutan tropis yang asli, peserta juga menemui beberapa air terjun, perbukitan indah dan danau selama perjalanan, “Kalsel masih menyimpan banyak misteri pariwisata, kebudayaan dan keindahan alam” tandasnya.

smn-sport

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783