Gubernur Ikut Offroad

TIDAK hanya offroader dari berbagai daerah di Kalimantan. Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, juga berpartisipasi dalam Meratus Two Day Adventure (M2A) yang berlangsung 22 hingga 23 April 2016.

Kehadiran Sahbirin bukan tanpa maksud. Selain meramaikan additional event Indonesia Offroad Expedition-Meratus Expedetion (IOX-MEx) 2016 tersebut, partisipasi ini merupakan bentuk dukungan nyata dalam upaya memperkenalkan potensi wisata alam.

Gubernur juga memiliki agenda tersendiri dalam M2A. Direncanakan dilakukan penanaman bibit pohon di beberapa kawasan yang dilalui.

Dalam rangkaian partisipasi dalam event hajatan Indonesia Offroad Federation (IOF) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalsel ini, Gubernur menurunkan sekitar 25 mobil offroad ekspedisi.

Selain Gubernur Kalsel, direncanakan Bupati Tanah Laut, Bambang Alamsyah, juga termasuk sebagai salah seorang peserta M2A. Fakta ini menunjukkan dukungan Pemerintah terhadap offroad sudah di atas rata-rata.

“Sudah terdaftar sekitar 125 unit mobil, 35 di antaranya rombongan Gubernur Kalsel yang melibatkan pejabat SKPD Pemprov Kalsel. Sementara Bupati Tanah Laut berkekuatan 26 unit mobil,” jelas Syarifuddin, ketua panitia M2A kepada indonesiautvclub.com.

“Mereka menurunkan semua mobil offroad standar 4×4. Partisipasi ini sekaligus kesempatan mereka mencari pengalaman tambahan untuk penanganan bencana alam,” imbuhnya.

Kendati demikian, M2A tetap menggunakan regulasi IOF dan IMI tentang touring adventure offfroad semi extreme. Proses scrutineering juga menyesuaikan regulasi tersebut.

Sesuai run down yang disusun, start dilakukan di Lapangan Murdjani Banjarbaru, Jumat (22/4) pukul 09.00 Wita. Perjalanan berlanjut perkebunan sawit Pelaihari dan bermalam di Pantai Swarangan Tanah Laut.

Oleh karena bertepatan dengan Jumat, jadwal diatur agar semua peserta bisa shalat di salah mesjid yang dilalui. Untuk mesjid yang dilalui, sudah disediakan sumbangan berupa tandon air berkapasitas 2.000 liter.

Setibanya di Pantai Swarangan, kegiatan malam peserta diisi dengan game satu Special Competition Stage (SCS). Kemudian pukul 07.00 Wita, Sabtu (23/4), perjalanan dilanjutkan hingga Desa Alamunda di Kecamatan Angsana.

Untuk mencapai finish di Pantai Pagatan, dilanjutnya dengan country road. Finish M2A berbarengan dengan peserta IOX-Mex yang sepekan sebelumnya melintasi Pegunungan Meratus.

“Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kami menyiapkan ambulance dan team sweeper, serta pemantau pos menggunakan sepeda motor trail. Peserta juga dilengkapi radio dan GPS,” tandas Syarifuddin.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783