Terancam Dapat Separuh

motorsport
motorsport

BELUM mendapatkan dana tambahan, masa depan Rio Haryanto semakin terancam di Formula 1 bersama Manor Racing.

Partisipasi Rio masih menjadi tanda tanya, karena kekurangan dana 6,2 juta euro (setara Rp106,9 miliar) dari syarat 15 juta euro yang diminta Manor agar bisa tampil penuh di F1 2016.

Kalau gagal membayar hingga akhir Mei 2016, berarti Rio hanya mendapat tempat membalap bersama Manor hingga paruh musim.

“Saya tidak punya jawaban apapun, karena pendanaan merupakan masalah pelik. Saya berharap tetap bisa sepenuhnya konsentrasi ke balapan, mengingat pendanaan ditangani manajemen,” ungkap Rio.

Berbagai usaha sebenarnya sudah dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Salah satunya membantu Rio lewat kampanye donasi melalui SMS.

“Orang-orang Indonesia sangat nasionalis dan mereka ingin melihat saya meraih prestasi. Sejujurnya saya tidak menyangka bisa mendapat dukungan sebesar itu,” papar Rio.

“Pemerintah sudah membantu saya masuk ke Formula. Mudah-mudahan mereka juga bisa membantu saya bertahan,” sambungnya.

Masalahnya bantuan dari Pemerintah belum menjadi solusi terbaik. Terlebih selain Pertamina dan Kiky Sport, belum terdapat sponsor lain yang membantu Rio.

“Sementara ini memang belum didapatkan kabar lagi dari sponsor lain. Intinya sekarang nasib Rio sepenuhnya berada di tangan Manor,” sahut Indah Pennywati, ibunda Rio.

“Kami juga belum berani bertanya kepada Manor lagi, tentang keringanan lain yang diberikan untuk Rio. Kami khawatir mereka sudah memilih pembalap lain sebagai pengganti,” sambungnya.

Sebelumnya Kementerian Pariwisata bersedia membantu 300 ribu euro untuk promosi program Wonderful Indonesia di mobil Rio, “Namun 300 ribu euro itu hanya untuk GP Singapura. Saya tak terlalu yakin dana itu segera diberikan,” tandas Indah.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783