Diganggu Problem Pit

KEMBALI bisa finish, kembali pula Rio Haryanto belum mampu meraih poin di Formula 1. Sejumlah kendala di pit stop, cukup mengganggu pembalap Indonesia itu di GP Kanada, Senin (13/6).

Rio mengakhiri balapan di Sirkuit Gilles Villeneuve Pascal Wehrlein, yang menempati urutan 17. Ini adalah kali kelima dalam tujuh balapan yang berhasil diselesaikan Rio.

Posisi itu diperoleh Rio, setelah start dari urutan 20. Sempat bersaing dengan Wehrlein, Jolyon Palmer dan Kevin Magnussen, semuanya berjalan lancar sampai kemudian Rio masuk pit.

“Setelah pit stop pertama, saya berharap bisa kembali ke balapan dan bersaing dengan Ericsson. Tapi kami mengalami masalah yang memperlambat pit stop,” ungkap Rio.

“Akhirnya, saya malah berada di belakang Felipe Nasr. Hampir sepanjang balapan saya mengejar Nasr, sebelum bendera biru membuat saya harus menjaga jarak lagi,” sambungnya.

Kehadiran bendera biru berarti setiap pembalap diingatkan bahwa terdapat mobil yang segera melalukan overlap. Pembalap yang mendapatkan bendera biru harus menurunkan kecepatan dan membiarkan mobil lain melakukan overlap.

“Kami sebenarnya mencoba strategi jangka panjang untuk stint terakhir dan mendapat jarak tempuh lebih pendek untuk set terakhir ban soft. Tetapi bendera biru membuat tak banyak yang bisa dilakukan,” sesal Rio.

Rio sebenarnya sudah bermasalah di kualifikasi. Mengemas waktu 1 menit 17,052 detik, Rio hanya melakoni sembilan putaran karena mengalami kerusakan suspensi di kanan belakang dan keboocoran akibat menghantam tikungan 4.

Rio sejatinya mengakhiri sesi kualifikasi di posisi 21. Namun kemudian berhak maju satu grid, karena Ericsson mesti start di urutan 19, telah mengantongi penalti mundur tiga grid.

Direktur Bala Manor Racing, Dave Ryan, mengonfirmasi problem pit stop pertama yang dilakukan Rio, “Kami menyesal membuat pitstop pertama yang lambat. Tanpa gangguan itu, Rio bisa saja finish di depan Nasr,” cetus Ryan.

Setelah GP Kanada, balapan selanjutnya berlangsung di Sirkuit Baku. Manor yang belum mendapatkan satu poin pun di klasemen sementara, juga tak memiliki modal penting untuk balapan di Azerbaijan tersebut.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783