Langsung Ditangani Rossi

PENGALAMAN berharga didapatkan Galang Hendra Pratama dan Imanuel Pratna, dua pembalap muda Indonesia yang menimba ilmu di VR46 Riders Academy milik Valentino Rossi. Terlebih sang empunya sekolah, turun langsung memberikan teori dan praktik.

Imanuel dan Galang merupakan dua dari lima pembalap Asia yang dipilih Yamaha mengikuti The Master Camp, 1 hingga 8 Juli 2016 di Italia. Tiga pembalap lain adalah Peerapong Loinbonpeng dari Thailand, Kasma Daniel dari Malaysia dan Soichiro Minamimoto yang mewakili Jepang.

Kelima pembalap tersebut tercatat masih berkompetisi di Asia Road Racing Championship 2016 di kelas Asia Production 250cc. Terdapat beberapa kriteria yang diberlakukan Yamaha, seperti posisi di klasemen sementara, usia dan faktor-faktor lain.

Sebelum mengikuti pelatihan khusus tersebut, mereka harus lebih dulu melewati permeriksaan medis. Mereka juga menjalani latihan di Fisio Gym untuk melemaskan otot-otot agar tidak mudah cedera.

Selanjutnya kelima pembalap langsung dibawa ke MotoRanch milik Rossi di Tavuilla. Mereka berlatih flat track dengan pacuan motor Special Engine (SE) Yamaha YZF250. Dalam sesi ini, mereka dilatih Marco Belli.

Belli pula yang memberi pengarahan selama sekitar 30 menit. Mereka diberi pengetahuan seputar teknik dan karakter motor. Kemudian di sirkuit oval berukuran tidak lebih dari 20 meter, mereka diajari teknik dasar zig-zag, sliding dan memutar dengan tumpuan kaki.

Setelah diyakini paham, mereka langsung mempraktikkan teori di lintasan besar. Disediakan enam sesi latihan dengan masing-masing terdiri dari 6 putaran. Setiap sesi selalu terdapat review, sekaligus kesempatan beristirahat.

Setelah latihan berat sepanjang siang, semua pembalap juga belajar pilates di Fisio Gym. Mereka ditangani Guilermo Silva yang biasanya menangani pembalap-pembalap Moto2 dan Moto3 di VR46 Riders Academy.

Keesokan hari mereka memacu motor motocross di Motor Ranch bersama Rossi selama 30 menit. Sesi tersebut juga diikuti Luca Marini, Franco Morbidelli, Lorenzo Baldassarri, Nicolo Bulega, Niccolo Antoneli dan Andrea Migno yang notabene alumnus VR46 Riders Academy.

Dalam 3 lap awal, Rossi mempraktikkan teknik memacu motor di flat track. Selanjutnya pembalap muda Asia itu diberi kesempatan untuk berlatih sendiri, sebelum menjalani simulasi balapan dalam 3 lap.

“Latihan di Motor Ranch bagus untuk melatih skill balap, terutama ketika masuk dan keluar tikungan,” papar Rossi yang didampingi Lin Jarvis, Manajer Movistar Yamaha MotoGP seperti dilansir Detik.

Kemudian seluruh pembalap The Master Camp mendapat kesempatan beraksi di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, San Marino, Kamis (7/7). Pun sebelum mengaspal, mereka kembali latihan di Fisio Gym untuk pemanasan dan melenturkan otot.

Dalam sesi di Misano, Rossi kembali bergabung untuk memberikan motivasi dan pengarahan. Sedangkan mentor di lintasan adalah Baldassari yang sekarang berkompetisi di Moto2.

Sebelum turun ke trek sepanjang 4,2 kilometer itu di atas sadel Yamaha YZF-R3, Baldassari memberikan instruksi seputar handycap sirkuit, racing line dan sebagainya.

Sesi pertama di lintasan dimulai pukul 17.00. Mereka melakukan 3 putaran untuk pengenalan lintasan. Setelah beristirahat dan sekaligus pengecekan ban, mereka kembali melakukan 3 putaran. Selanjutnya dibuka dua sesi latihan dengan masing-masing berdurasi 30 menit.

Menutup semua sesi The Master Camp, Galang Hendra cs berlatih dan berkompitisi minibike, Jumat (8/7). Sesi ini berlangsung di Sirkuit Jeepers Kart & Pit Bike Cattolicca. Instruktur sesi ini adalah Francesco Bagnaia yang juga rider Moto3, sekaligus alumnus VR46 Riders Academy.

“Latihan ini berfungsi melatih manuver, ketika sirkuit yang digunakan sempit dan banyak tikungan. Minibike juga mengasah pikiran pembalap, serta daya tarung dengan pembalap lain,” jelas Bagnaia yang memenangi Moto3 di Belanda seperti dilansir Juara.

Kesemua pembalap menjalani latihan ini selama tiga jam. Sesi terdiri dari dua kali latihan, kualifikasi dan kemudian bersaing dalam dua kali balapan yang masing-masing berlangsung 10 putaran.

Selain melakukan latihan, mereka melakukan serangkaian kunjungan, seperti ke markas Yamaha Movistar, pabrik Andreani Suspension yang merupakan mitra produsen shockbreaker Ohlins di Italia. Imanuel dan Galang kembali ke Indonesia, Minggu (10/7).

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783