UNTUK kali ketiga, Rio tak berhasil menuntaskan balapan. Kegagalan terakhir terjadi di GP Inggris, Minggu (12/7), setelah pembalap Manor Racing ini tergelincir masuk gravel di tikungan pertama Sirkuit Silverstone.

Dari 52 lap dalam balapan di Silverstone, Rio hanya mampu menyelesaikan 24 putaran. Namun putaran Rio lebih banyak ketimbang Pascal Wehrlein yang juga masuk gravel dan out di lap 7.

Kondisi lintasan yang berubah-ubah akibat hujan memang menyulitkan pembalap. Pun balapan dimulai dalam kondisi trek masih basah di belakang safety car, sebelum mulai mengering beberapa lap kemudian.

Lewis Hamilton, Sebastian Vettel dan Max Verstappen juga sempat tergelincir di tikungan pertama, meski kemudian bisa menyelesaikan balapan. Malah Hamilton finish terdepan, diikuti Nico Rosberg dan Verstappen.

Belakangan posisi podium berubah, seiring penalti 5 detik yang dijatuhkan kepada Rosberg. Penalti disebabkan komunikasi radio Mercedes yang menginstruksikan agar mempercepat perpindahan gigi tujuh, setelah girboks mobil Rosberg mengalami kerusakan.

“Trek terlalu basah di awal-awal balapan. Lalu setelah hujan berhenti, trek mulai mengering di setiap lap berikutnya. Dalam jangka hanya 17 lap, ban basah harus berganti ban kering,” ungkap Rio.

“Setelah pergantian ban, situasi tidak begitu saja bisa dikontrol. Saya hanya menyentuh sedikit bagian trek yang masih basah dan selanjutnya saya hanya bisa bertahan agar tidak menghantam pagar terlalu keras,” sambungnya.

Rio sebenarnya sudah mendapatkan hasil yang cukup bagus dalam sesi latihan bebas ketiga dan kualifikasi, terutama dengan mengalahkan Wehrlein.

“Meski lomba yang dihitung adalah hasil akhir, perjalanan melewati latihan dan kualifikasi juga penting. Kami hanya harus fokus kepada hal-hal yang sudah berjalan dengan baik untuk balapan berikutnya,” tukas Rio

Dari sepuluh seri yang telah dilalui di Formula 1 2016, sudah tiga kali Rio mengalami Did Not Finish (DNF). Seri berikutnya adalah GP Hungaria yang berlangsung 24 Juli 2016.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783