Buruan Daftar Asia Talent Cup

JALUR menuju balapan internasional kembali dibuka Federasi Motorsport Internasional (FIM) dan Dorna kepada pembalap-pembalap Asia dan Oseania. Jalur tersebut melalui seleksi Asian Talent Cup 2017.

Asia Talent Cup memang layaknya kawah candradimuka untuk pembalap-pembalap muda. Sesuai dengan nama, kompetisi di bawah Dorna yang juga menjalankan MotoGP World Superbike ini menyasar Asia dan Oseania.

Digelar mulai 2013, Asia Talent Cup menjalani musim perdana di musim 2014. Pun sebelum musim 2016 berakhir, Asia Talent Cup sudah membuka pendaftaran seleksi calon pembalap musim 2017.

Pendaftaran seleksi dibuka mulai 15 Juli 2016 dengan sisten online melalui www.asiatalentcup.com. Masih banyak tersisa kesempatan, mengingat registrasi baru ditutup 21 Agustus 2016.

Selanjutnya 200 nama yang dinilai layak mengikuti seleksi, diumumkan 7 September 2016, juga dengan sistem online. Sementara selection event berlangsung 25 hingga 26 Oktober di Sirkuit Sepang Malaysia.

Dalam penyelenggaraan setiap musim, Asia Talent Cup diikuti 22 pembalap terpilih. Beberapa pembalap lama, kembali bertanding semusim kemudian, ditambah sejumlah pembalap baru yang lolos seleksi.

Dipandu langsung Alberto Puig yang berperan besar atas karir profesional Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Toni Elias, semua kontestan Asia Talent Cup membalap di atas sadel Honda NSF250R Moto3 yang disediakan penyelenggara.

Selama mengikuti Asia Talent Cup, kebutuhan pembalap juga dipenuhi penyelenggara, mulai dari asuransi medis hingga tiket pesawat.

FIM dan Dorna juga terus memantau perkembangan pembalap yang berkompetisi di Asia Talent Cup setiap musim. Mereka yang terbaik, berpeluang dibawa ke jenjang lebih tinggi semacam Red Bull MotoGP Rookies Cup atau Moto3 Junior World Championship.

Alumnus Asia Talent Cup juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Kampiun musim 2014, Kaito Toba, sudah mencatat rekor sebagai satu-satunya pembalap Jepang yang bisa memenangi CEV Moto3.

Demikian pula alumnus-alumnus 2015 semacam Ayumu Sasaki, Kazuki Masaki dan Nakarin Atiratphuvapat. Indonesia sendiri menempatkan Andi Izdihar yang cukup sukses berkiprah di musim 2016, selain tampil di CEV 2016 bersama Dimas Ekky Pratama.
Kriteria Proses Seleksi
– Usia kelahiran antara 1 Januari 1996 dan 1 Februari 2004.
– Pengalaman membalap tidak diutamakan, terpenting memiliki pengalaman kinerja tinggi.
– Peserta seleksi dari negara di Asia dan Oseania.
– Peralatan balap untuk seleksi seperti wearpack, sepatu balap, sarung tangan dan helm dibawa sendiri.
– Setelah dipastikan lolos mengikuti seleksi, peserta harus mengatur sendiri semua dokumen dan visa diperlukan untuk melakukan perjalanan ke Malaysia.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783