Langsung Dipimpin Ketua

TIDAK keliru kalau organisasi olahraga memang seharusnya dipimpin mantan atlet, atau setidaknya penggemar cabang olahraga terkait. Itulah yang diperlihatkan Edy Sudarmadi.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalimantan Selatan itu dipastikan berpartisipasi di Kejurnas Motocross putaran kesepuluh di Sirkuit Tambakrejo Yogyakarta, Minggu (4/9).

Edy yang notabene menjadi pembalap semasa muda, serta nyaris selalu berpartisipasi di event-event offroad adventure dan adventure trail, berpartisipasi di kelas eksekutif B.

Namun Edy tidak sendiri, karena juga diserta crosser lain. Mereka bukan dari kalangan senior, melainkan calon-calon crosser muda Bumi Lambung Mangkurat.

Kalsel diwakili Pippo Ardecca di kelas Special Engine (SE) 50cc, serta M Raihan dan M Rofit Ahsan yang bertanding di SE 65cc. Kalsel juga memiliki crosser di kelas MX2 novice yang didelegasikan kepada M Dicky Prayoga.

Selain diambil berdasarkan track record dalam sejumlah kejuaraan grasstrack lokal maupun regional, kesemua crosser juga merupakan binaan Edy.

“Meski baru berpartisipasi di seri kesepuluh, persiapan tidak setengah-setengah. Selain kesiapan motor, teknik mereka terus diasah di Lapangan Denzipur,” papar Sipliansyah Hartani, Sekretaris Umum IMI Kalsel.

“Terutama untuk crosser-crosser muda, event ini menjadi tahap belajar mereka. Apalagi itu merupakan penampilan pertama di luar Kalsel,” sambungnya.

Pembelajaran itu bermakna penting, mengingat balapan di Tambakrejo bukan yang terakhir untuk Rofit Ahsan cs.

“Setelah hasil balapan dievaluasi dan dilakukan berbagai pembenahan, mereka diprogramkan menjadi peserta reguler Kejurnas Motocross 2017,” tandas Sipliansyah.

Kejurnas Motocross 2016 mempertandingkan sebelas kelas dengan MX2, MX2 junior, SE 85cc dan SE 65cc sebagai perhitungan poin nasional.

Sementara MX 2 novice, SE 65cc novice, SE 50cc, Trabas non SE, executive A, executive B dan minimoto sampai dengan usia 15 tahun merupakan supporting class.

Sirkuit Tambakrejo sendiri merupakan area balapan terpadu, sekaligus rekreasi untuk pembalap profesional, maupun masyarakat umum pencinta otomotif.

Sementara lintasan motocross Tambakrejo memiliki panjang lintasan 1.200 meter dan lebar rata-rata 8 meter atau sesuai standar nasional, serta mampu menampung 28 starter dalam satu moto. Sirkuit ini dilengkapi 10 handicap dan 9 tikungan.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783