Bagus Untuk Belajar

HASIL bagus memang belum dipetik crosser muda Kalimantan Selatan di Kejurnas Motocross 2016 putaran sepuluh di Sirkuit Tambakrejo Yogyakarta, Minggu (4/9). Namun setidaknya itulah pengalaman berharga yang diperoleh.

Mengusung bendera War Speed IMI Kalimantan Selatan, Bumi Lambung Mangkurat diwakili Pippo Ardecca di kelas Special Engine (SE) 50cc, serta M Raihan dan M Rofit Ahsan yang bertanding di SE 65cc. Kalsel juga memiliki crosser di kelas MX2 novice yang didelegasikan kepada M Dicky Prayoga.

Sementara Ketua IMI Kalsel, Edy Sudarmadi, urung berpartisipasi lantaran terganjal urusan penting lain. Semula Edy direncanakan bertarung di kelas eksekutif B.

Raihan tampil cukup apik di kelas 65cc, ketika berhasil finish di urutan 9 moto dua. Sedangkan di moto satu, Raihan mengakhiri balapan di peringkat 23.

Sementara Rofit hanya mampu menyelesaikan moto satu dan finish di peringkat 21. Namun menjelang start moto dua, tali gas motor KTM yang ditunggangi Rofit malah putus.

Pemenang di kelas 65cc adalah Maliki Somma dari Bali MX Corasa Orca VHM Ardian’s. Maliki berbagi kemenangan di masing-masing moto dengan Nakami Vidi Makarim yang memperkuat Kawasaki VMX Idemitsu.

Di kelas 50cc, Pipo mengakhiri balapan dengan perolehan 5 poin hasil dari finish 21 di moto satu dan menutup moto dua di peringkat 17.

M Rizky yang membela Ramajaya Ds7 Gazgas Nugroho MX, juga berbagi kemenangan dari masing-masing moto dengan Wisnu Aji Ariyanta dari Wart Design One Ardian’s Klaten.

Terlepas dari kegagalan menembus sepuluh besar, Rofit Ahsan cs patut diapresiasi. Mereka memiliki keberanian besar melakoni debut nasional menghadapi lawan-lawan yang sudah bertarung sejak seri pertama.

“Intinya tinggal penguatan mental, karena mereka gugup memulai balapan. Namun itu cukup wajar, mengingat ketiga pembalap masih anak-anak dan baru kali pertama bertanding di event nasional,” papar Sipliansyah Hartani, Sekretaris IMI Kalsel.

Dengan target partisipasi reguler di musim 2017, ketiga pembalap direncanakan mengikuti beberapa seri lagi, terutama yang berlangsung di Jawa.

“Memang terdapat tawaran mengikuti seri selanjutnya di Poliwali Mandar. Namun demikian, kami juga harus berkomunikasi dengan pembalap dan semua awak tim,” jelas Sipliansyah.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783