Menandai Kaki Kalimantan

DIIKUTI sekitar 180 kendaraan offroad, Bottom Of Borneo (BOB) berlangsung lancar tanpa hambatan berarti. Cuaca yang cukup bersahabat juga membuat perjalanan sejauh 160 kilometer tersebut dapat dinikmati.

BOB yang merupakan event lanjutan Meratus Two Days Adventure 4×4 South Borneo 2016, digelar Bornoe Offroad Club (BOC) bersama Miring Dikit (MD) Tanah Laut, selain didukung sepenuhnya oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalimantan Selatan.

Start BOB dilakukan di Kantor Gubernur Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Jumat (11/11). Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, menyempatkan diri melepas rombongan, sebelum bergabung dengan offroader lain, termasuk Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalsel, Ir Edy Sudarmadi.

Selanjutnya semua peserta memasuki stage pertama sejauh 80 kilometer yang meliputi Transpol, Simpang Petai, Desa Kiram dan Kiram Kampung.

Perjalanan semakin menantang memasuki Gunung Angin-Angin, Kampung Tiwingan, Gunung Es, Desa Riam Pinang, Desa Tanjung, Desa Sungai Bakar dan finish di Bajuin yang menjadi base camp stage pertama.

Sepanjang perjalanan stage pertama, trek yang dilalui bervariasi. Mulai dari tanjakan dan turunan, tanah berlumpur dan penyeberangan basah. Beberapa mobil sempat mengeluarkan winch untuk keluar dari kubangan.

Kemudian sekitar pukul 08.00 Wita, Sabtu (12/11), semua peserta mulai meninggalkan base camp di Bajuin untuk menyelesaikan stage kedua menuju Desa Galam, Desa Palombokan dan Desa Bluru.

Selepas tengah hari, rombongan memasuki Batu Ampar, Simpang Sebuhur, Desa Sebuhur, Desa Kandangan Lama dan Desa Bajuin, sebelum melewati pantai untuk mencapai finish di Tanjung Selatan yang merupakan destinasi BOB.

Di titik 0 derajat Pulau Kalimantan itu, kemudian dilakukan peletakan batu pertama Tugu BOB, Minggu (13/11). Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Tanah Laut, Bambang Alamsyah. Sebelumnya dalam perjalanan, juga dilakukan penanaman pohon di beberapa lokasi.

BOB di Tanjung Selatan diharapkan menjadi destinasi wisata baru, sekaligus mengimbangi Top Of Borneo alias kepala Pulau Kalimantan di Kudat Simpang Tanjung Mangayau, Sabah, Malaysia.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783