Lifetime Achievement H Isam

mimbar rakyat
mimbar rakyat

BERSAMAAN dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2016 di Sari Ater Hotel Resort Subang, Jawa Barat, PP IMI memberikan penghargaan kepada figur-figur yang berjasa memajukan dunia motorsport nasional selama 2016, termasuk H Syamsudin Arsyad.

IMI Award yang diserahkan pasca opening ceremony Rakernas 2016, Selasa (13/12) malam, terbagi dalam tujuh kategori. Mulai dari grasstrack, motocross, drag bike, Indospeed Race Series (IRS), International Achievement, International Progress dan Lifetime Achievement.

Salah satu penghargaan diterima Syamsudin yang juga Dewan Penyantun IMI Kalimantan Selatan. Syamsudin dianugerahi Lifetime Achievement, karena dinilai menjadi tokoh nasional penggerak motorsport, terutama speed offroad yang konsisten dan inspiratif.

Tidak hanya memberikan dukungan, Syamsudin juga pembalap speed offroad penuh prestasi. Pemilik sekaligus pembalap Jhonlin Racing Team (JRT) Batulicin ini merupakan juara umum kelas Free For All (FFA) Indonesia eXtreme Offroad Racing (IXOR) 2015 dan 2016.

Ini merupakan penghargaan kesekian yan diterima Syamsudin dari PP IMI. Sebelumnya dalam IMI Award 2015, Syamsudin dianugerahi penghargaan Tokoh Peduli Otomotif Nasional.

Selain H Isam, tokoh lain yang mendapat Lifetime Achievement adalah Komjen (Purn) Nanan Soekarna (mantan ketua PP IMI), Moordiana (pencipta lirik himne dan mars IMI), Najib M Saleh (pencipta syair himne dan mars IMI), Purwatjaraka (aransemen himne dan mars IMI), serta Bambang Gunardi (anggota kehormatan olahraga sepeda motor IMI).

Juga diberikan puluhan award untuk pelaku otomotif nasional, baik roda dua maupun roda empat. Salah seorang di antaranya Sean Gelael yang menerima International Achievement Award atas performa di GP2 Series 2016.

Penghargaan serupa juga diberikan untuk Rio Haryanto. Namun pembalap Indonesia pertama di Formula 1 ini tidak menghadiri IMI Award 2015, karena masih berada di luar negeri.

Sementara promotor nasional terbaik didapatkan TKM Racing Indonesia. Menggelar ESHARK Karting Cup sejak 2014 hingga sekarang, TKM Racing dinilai konsisten memajukan balapan single seater tersebut.

otomotif zone
otomotif zone

Sedangkan IMI Jawa Timur mendapat penghargaan Pengprov IMI Terbaik 2016. Di bawah komando Bambang Haribowo, IMI Jatim dianggap memenuhi kriteria penilaian terbaik berupa adminsitratif, organisasi, event otomotif, wisata dan klub.

Juga diserahkan sejumlah award untuk juara nasional event-event IMI sepanjang 2016. Seperti Mario Salontahe (juara umum Kejurnas Grasstrack kelas bebek modifikasi 4T senior, Andre Sondakh (juara Kejurnas Motocross MX2), Syahrul Amin (juara IRS sport 150cc) dan Dwi Prasetya (juara Kejurnas Drag Bike sport tune up 2T).

IMI juga mengapresiasi sejumlah figur yang sedang meretas karir di level internasional dengan International Progress Award. Mereka adalah Andy Gilang, Galang Hendra, Wahyu Aji Trilaksana, Gabriel Somma dan Jeffry Tosema.

“Penghargaan setinggi-tingginya untuk semua insan otomotif yang sudah berpartisipasi dalam lebih dari 1.400 event IMI sepanjang 2016,” papar Sadikin Aksa, Ketua Umum PP IMI.

Sebelumnya IMI juga mendapatkan penghargaan dari Federasi Motorsport Internasional (FIM) atas kiprah selama 110 tahun. Penghargaan itu diserahkan dalam sidang umum tahunan FIM yang berlangsung pertengahan November 2016 di Jerman.

Penghargaan itu diberikan kepada asosiasi bermotor di berbagai negara yang memperingati hari jadi mulai paling muda berusia 10 tahun, hingga sudah berusia 120 tahun. Berusia 110 tahun, IMI sekaligus organisasi olahraga tertua di Indonesia.

Penghargaan FIM juga diberikan kepada asosiasi-asosiasi dari Montenegro, Islandia, Palestina, Arab Saudi, Paraguay, Puerto Rico, Bolivia, Bosnia and Herzegovina, Kanada, Monaco, Meksiko, Selandia Baru, Hungaria dan Norwegia.

Sejatinya sebelum penyerahan IMI Award, diagendakan pelantikan pengurus PP IMI masa bakti 2016-2020. Untuk menghadiri acara tersebut, PP IMI bahkan mengundang beberapa tamu VIP seperti Menpora, Ketua Umum KONI Pusat, Ketua KOI, hingga Kapolri.

Namun susunan kepengurusan PP IMI hasil Musyawarah Nasional (Munas) ulang sesuai rekomendasi Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (BAORI, ternyata belum rampung. Akibatnya acara pelantikan itu diskip dari daftar acara.

“Memang pelantikan paling ideal dilangsungkan sekarang, karena semua berkumpul. Dari peraih IMI Awards sampai semua ketua IMI di Indonesia,” beber Jeffrey JP, Sekretaris Jenderal PP IMI seperti dilansir mobilinanews.com

“Namun penyusunan pengurus hasil konsolidasi pihak SadikinĀ Aksa dan Prasetyo Edi belum tuntas. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dilantik di Kantor KONI Pusat,” tandasnya.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783