Nyaris Podium Pembuka

ANDAI tidak diganggu berbagai kendala, Ahmad Yudhistira bisa saja menaiki podium seri pembuka Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017 di Sirkuit Johor Malaysia, Minggu (2/4).

Yudhistira yang turun di kelas supersport 600 cc bersama Manual Tech Kawasaki Racing, hanya finis di urutan keempat di race kedua. Padahal pemuda 23 tahun dari Binuang ini sempat berada di posisi ketiga.

Namun sejak lap 12, Yudhistira disalip pembalap Indonesia lain, Irfan Ardiansyah, dengan bendera Astra Honda Racing Team (AHRT).

“Saya kehabisan grip ban belakang. Namun saya enjoy saja, karena sudah melakukan yang terbaik,” papar Yudhistira seperti dilansir juara.net.

Race kedua supersport 600 sendiri akhirnya dimenangi Taiga Hada yang memperkuat RAMA Honda By NTS. Pembalap Jepang ini finish dengan catatan waktu 24 menit 51,787 detik dari total 16 lap.

Rekan setim Yudhistira dari Malaysia, Azlan Shah Kamaruzaman, menaiki podium kedua. Sementara Irfan Ardiansyah akhirnya finish ketiga.

Sebenarnya persoalan teknis juga dialami Yudhistira dirace pertama supersport 600 yang berlangsung, Sabtu (1/4). Padahal mantan pembalap HRVRT HBM BGM tersebut memulai balapan di urutan kelima.

Kabel quick shifter di motor terputus, sehingga putra pasangan H Jamhuri dan Hj Erni Hartati ini harus puas finish di urutan sembilan.

Race pembuka dimenangi Md Zaqhwan Zaidi yang memperkuat Musashi Boon Siew Honda. Hada di peringkat kedua, disusul Yuki Ito yang membela Yamaha Racing.

Selain Yudhistira dan Irfan, tidak seorang pun pembalap Indonesia yang berkompetisi di supersport 600cc. Mayoritas pembalap Tanah Air mewarnai kelas Asia Production (AP) 250cc.

“Namun saya tidak putus asa, karena menilai tim sudah bekerja dengan sangat baik. Ini juga merupakan bahan evaluasi setting motor untuk balapan musim selanjutnya di Johor,” tutur Yudhistira.

Seri ARRC 2017 berikutnya berlangsung 14 dan 15 April di Sirkuit Internasional Chang Thailand. Yudhistira sudah beberapa kali membalap di sirkuit calon tuan rumah MotoGP 2018 ini.

“Seri berikutnya di Thailand. Setting motor tentu berbeda dengan di Johor. Apalagi semuanya sudah disiapkan cukup lama, sehingga kami lebih siap untuk menjadi juara,” tandas Yudhistira.

Belum mencapai podium di seri pembuka, Yudhistira berada di posisi kelima klasemen supersport 600 dengan 22 poin. Adapun urutan teratas diduduki Hada yang berhasil mengoleksi 45 angka.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783