Giliran Bintang Muda

fastnlow
fastnlow

TERPURUK di seri pembuka, Jhoni Saputra tampil ciamik di seri kedua Kejurnas Speed Offroad Indonesia Xtreme Offroad Racing (IXOR) 2017 di Sirkuit Paramount Land, Serpong, Sabtu dan Minggu (20-21/5).

Jhoni memang tak maksimal di seri pembuka yang berlangsung di Sirkuit Citra Mitra City Banjarbaru. Salah seorang punggawa andalan Jhonlin Racing Team (JRT) Batulicin ini gagal bertarung di Special Stage (SS) utama, karena mengalami kecelakaan.

Kejadian itu benar-benar menjadi pelajaran, lantaran Jhoni langsung melesat di Paramount Land. Peringkat pertama dari 2 SS yang dilangsungkan, Sabtu (20/5), langsung dikuasai siswa kelas XI ini.

Menggunakan mobil spek terbaru V8 LS 7 custom plus supercharger, Jhoni bersaing ketat dengan Donny Syahputra dan Subhan Aksa.

Sama seperti Jhoni, Donny yang menggunakan mesin V8 LS 3 dari BJM CGRT, juga masih duduk di bangku SMP. Mereka mengeroyok Subhan Aksa, pereli kelas dunia yang melakoni debut di speed offroad.

Memang posisi ketiga offroader tidak banyak berubah hingga SS 5 dan 6 yang merupakan puncak pertemuan jawara. Bedanya Subhan yang dinavigatori Arianto Sjarief, konsisten membukukan waktu tercepat.

Sementara Jhoni tidak lantas terlalu kecewa. Selain memuncaki klasemen akhir kelas G5, Jhoni juga bisa bertahan di peringkat kedua kejuaraan umum, tepat di atas Donny.

Sebaliknya H Syamsudin kembali mendapati hasil kurang maksimal. Pemilik JRT sekaligus ayah Jhoni ini sempat beberapa kali mengalami trouble mesin di SS 2.

Kerusakan mencapai puncak di SS 3, ketika selang oli girboks ke intercooler pecah. Kemudian percikan oli terkena header, sehingga api langsung menyala dan membakar sebagian besar perangkat mesin.

bmb
bmb

Meski hanya menempatkan offroader di peringkat sembilan dan sepuluh, poin tertinggi kejuaraan team disabet BMB Motorsport. Mereka mengumpulkan 40 poin yang disumbangkan Tb Deyang, Dadan Pohang dan H Adhim dari berbagai grup.

Pun BMB masih kurang maksimal, lantaran HM Rihan Variza dan HA Rizky Prayoga terlempar dari sepuluh besar di G5. Padahal mereka sudah melakukan sejumlah persiapan, mulai dari kaki-kaki dan mesin baru, hingga set up ulang.

Selain comeback JRT dan keberhasilan BMB Motorsport mempertahankan predikat kejuaraan team, IXOR putaran kedua juga diramaikan Kejurnas Pertamax Motorsport Indonesia eXtreme Sprint Offroad Racing Championship (IXSOR) 2017 seri kedua di tempat yang sama.

Pelaksanaan berbarengan ini tidak mengubah apapun, mengingat event sprint rally ini hanya berlangsung empat SS dan kesemuanya dilangsungkan, Sabtu (20/5). Kemudian 10 pereli tercepat, mengikuti babak best of the best bersama 20 offroader.

Jumlah peserta IXOR sendiri mencapai 181 mobil, sedangkan IXSOR diramaikan 70 mobil. Tidak heran kalau suasana paddock area menjadi bertambah ramai.

“IXOR dan IXSOR sebenarnya memiliki basic yang sama. Dengan begini, pembalap bisa saling tukar ilmu dan lebih terbuka,” papar Rifat Sungkar yang mempromotori IXSOR seperti dilansir jip.grid.id.

“Kebetulan Paramount memungkinkan untuk menggabungkan kedua event ini, karakter lintasan yang halus,” tambah Rifat yang turun membalap di kedua event tersebut.

Trek sebenarnya mendapatkan beberapa perubahan lay out. Tikungan dibuat lebih berkarakter high speed, sehingga mobil bisa dipacu lebih kencang.

Untuk membuat trek lebih enak ditonton dan seru, diberikan tambahan cairan polymer pengikat debu. Produk ini biasanya digunakan di area tambang untuk mengurangi debu.

 

Hasil IXOR Putaran Kedua

Kejuaraan Umum
1. Subhan Aksa/Arianto Sjarief (JMM-FBRT)
2. Jhoni Saputra/Zoelfiyandi (JRT)
3. Donny Syahputra/Dede Hermawan (BJM CGRT)
4. Rifat Sungkar/M Redwan (Pertamax Motorsport)
5. Yusdar Umar/Hade Mboi (JMM-FBRT)

Kejuaraan Team
1. BMB Motorsport 40 poin
2. BBG AHSRT 38 poin
3. Banteng Motorsport 30 poin
4. JF Motorsport 30 poin
5. BJM CGRT 29 poin

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783