Menunggu Tanggal Pasti

DARI semula September, Porprov 2017 hampir dipastikan digeser menjadi Oktober. Tinggal tanggal pasti yang belum ditentukan.

Semula start Porprov 2017 di Tabalong direncanakan berlangsung 9 September. Semua persiapan teknis dan non teknis pun bermuara kepada penetapan tersebut.

Namun bukan berarti persiapan mulus tanpa kendala. Salah satunya adalah keterlambatan penyerahan data entry by name dari daerah peserta.

Sesuai aturan Porprov, entry by name sudah harus diperiksa lima bulan sebelum pelaksanaan oleh tim keabsahan. Faktanya target tersebut hampir dipastikan melenceng.

Kendala lain adalah Tabalong belum menerima kucuran dana bantuan sebesar Rp10 miliar dari Pemprov Kalimantan Selatan melalui KONI Kalsel. Hal ini juga disebabkan sejumlah revisi yang harus dilakukan Tabalong dalam draf pengajuan anggaran.

Beberapa penyebab revisi adalah keterlambatan pengajuan anggaran dari cabang olahraga. Juga terdapat peruntukan anggaran yang tidak sesuai, sehingga harus dicoret atau dipindahkan.

Seiring sejumlah kendala tersebut, Porprov 2017 pun mundur dari rencana September menjadi Oktober. Diyakini tanggal yang ditetapkan adalah 9 Oktober.

“Sementara penetapan tanggal belum dapat dipastikan. Kami masih menunggu petunjuk teknis dari Gubernur, serta Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel,” papar HM Hilmi Abdani, Ketua KONI Tabalong seperti dilansir matabanua.

Pemunduran jadwal juga memberi Tabalong waktu lebih banyak untuk menyelesaikan kesiapan venue. Beberapa venue memang masih dalam proses pengerjaan.

Pun pemunduran jadwal menghindari tabrakan pelaksanaan Porprov dengan agenda lain. Salah satunya adalah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 yang juga berlangsung September di Jawa Tengah.

Sebelumnya beberapa kabupaten/kota di Kalsel memang menginginkan pengunduran jadwal Porprov, mengingat sejumlah atlet mereka terpilih mewakili Kalsel di Popnas 2017.

Bahkan dalam September 2017, Kalsel juga menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas). Kemungkinan besar Pusat penyelenggaraan Fornas adalah Banjarmasin dan Banjarbaru.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783