Disinggahi Time Rally

imikalsel
imikalsel

LEBIH dari satu dekade absen, Kalimantan Selatan kembali menjadi tuan rumah Kejurnas Time Rally. Bertajuk Bhayangkara Kejurnas Time Rally putaran kedua 2017, event comeback ini digelar 15 dan 16 Juli.

Memang sudah cukup lama Kalsel tidak menjadi penyelenggara event ketepatan waktu ini, setelah kali terakhir berlangsung pertengahan 2003 di Kotabaru.

Event tersebut berlangsung cukup sukses, lantaran diikuti banyak peserta nasional. Terlebih trayek yang disediakan cukup unik, karena nyaris mengelilingi Pulau Laut.

Kembali menjadi tuan rumah, event yang digarap Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalsel dan Borneo Offroad Club (BOC), serta kerjasama dengan Ditlantas Polda Kalsel ini mencakup tiga kota.

Start dari Satpas Ditlantas Polda Kalsel di Banjarbaru, disediakan dua trayek yang melintasi Banjarbaru, Banjar dan Banjarmasin. Dengan misi memperkenalkan potensi daerah, rute sepanjang sekitar 150 kilometer ini juga melintasi beberapa kawasan wisata.

Baik trayek pertama maupun trayek kedua, termasuk finish dan start, kesemuanya dipusatkan di Satpas Ditlantas Polda Kalsel. Event ini sendiri sekaligus meramaikan rangkaian HUT Bhayangkara.

Sesuai regulasi Kejurnas Time Rally 2017, terdapat empat kejuaraan utama yang dipertandingkan. Mulai dari kejuaraan umum, seeded B, pemula dan team club. Sedangkan kejuaraan tambahan yang pertandingkan adalah kelas lokal.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan scrutineering kendaraan dan brifing peserta, Sabtu (15/7). Tidak terdapat batasan jenis kendaraan, sehingga semuanya dapat berpartisipasi, dengan syarat utama mempunyai tempat duduk empat orang.

Kemudian start trayek pertama, Minggu (16/7), direncanakan dimulai pukul 09.00 Wita dan finish pukul 12.00 Wita. Sementara trayek kedua dimulai pukul 13.00 Wita dan selesai pukul 16.30 Wita.

Selama perlombaan berlangsung, peserta tetap merupakan pengguna lalu lintas biasa. Hal yang membedakan hanya sticker nama event yang terpampang di badan kendaraan, plus nomor start.

Tidak terdapat pengawalan khusus, sehingga pelanggaran aturan lalu lintas dapat berujung diskualifikasi. Oleh karena itu, peserta diperkenalkan menggunakan peralatan berbasis Global Positioning System (GPS).

Sebelumnya putaran pertama berlangsung 29 hingga 30 April 2017 di Sidrap, Sulawesi Selatan, dengan total jarak tempuh sekitar 300 kilometer dalam dua etape.

Gerry Rosanto dengan navigator dr Didi Dewanto dan Juli Putra dari Jawa Timur, sukses menjuarai kejuaraan umum. Memperkuat Bank Bukopin FBRT Sports RMS, Gerry Rosanto cs juga memuncaki klasemen sementara team club.

Sementara Sabri Arifin dengan navigator Gunawan dan M Yanis dari tuan rumah, menguasai seeded B. Sedangkan gelar juara pemula dibawa pulang Farid Arifin dengan navigator Ridwan Jabir dan Amin Karaka dari Banten.

  • reply Iwan rawa ,

    Sayang baru tahu hari info nya.

    Leave a comment

    • IMI KALSEL

      JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783