otoschnell
otoschnell

SEMPAT didera sejumlah masalah dalam dua putaran sebelumnya, HM Rihan Variza tampil mengejutkan di seri ketiga Indonesia eXtreme Sprint Offroad Racing (Ixor) 2017, Sabtu dan Minggu (5-6/8).

Putaran ketiga kembali berlangsung di Sirkuit Paramount Land, Serpong, Tangerang Selatan. Sebelumnya di tempat yang sama, juga dilangsungkan putaran kedua.

Kendati panjang dan layout sama seperti putaran kedua, sentuhan khusus dilakukan penyelenggara agar offroader mendapat penyegaran.

Salah satunya menambah lebar tikungan lebar dan meninggikan jumpingan. Kemudian sebelum tikungan, juga dibikin jumpingan yang menuntut keterampilan mengendalikan akselerasi.

Rintangan baru lain adalah jumpingan sebelum masuk terowongan. Kemudian di trek menurun, juga terdapat tikungan ke kiri yang belakangan membuat banyak mobil jumpalitan. Beruntung si driver tidak mengalami cedera, seiring standar keamanan mobil dan pengendara yang semakin ditingkatkan.

otoschnell
otoschnell

Di antara sekian pembalap, Jhoni Saputra termasuk yang paling lihai melewati semua rintangan. Offroader Jhonlin Racing Team (JRT) Batulicin tersebut melesat di dua Special Stage (SS) terakhir untuk memuncaki poin kejuaraan umum.

Seiring dua seri tersisa, Jhoni tampaknya semakin sulit didepak dari puncak klasemen kejuaraan umum. Terlebih salah satu tersisa, direncanakan digelar kembali di Banjarbaru.

Sebaliknya Donny Syahputra yang menguasai empat SS pertama di kelas G5.4, mengalami penurunan di dua SS penentu. Offroader BJM CGRT itu tertahan di peringkat keempat kejuaraan umum, tepat di bawah Rifat Sungkar.

Penampilan ciamik diperlihatkan Rihan yang langsung melesat di dua SS final. Tertinggal di SS 2, 3 hingga 4, offroader Binuang tersebut seperti mendapat tenaga tambahan di SS 5 dan 6 untuk menduduki runner up kejuaraan umum.

Catatan waktu punggawa BMB Motorsport HRVRT ini sebenarnya bisa lebih maksimal di kelas G5.4, seandainya tidak melambat di SS 2. Tiga bendera kuning yang berkibar tampaknya membuat mereka sedikit ragu-ragu.

“Alhamdulilah mobil tidak bermasalah, saya bisa lebih enjoy di dua SS pertama. Namun sebelum SS 3 dan 4, muncul sedikit beban dan membuat racing line sedikit kacau,” papar Rihan seperti dilansir fastnlow.net.

“Kemudian di SS 5 dan 6, saya lebih fokus memperbaiki kesalahan, sehingga dapat kembali enjoy. Kami senang bisa podium, karena mobil-mobil lain tidak kalah kencang,” sambungnya.

Selain tidak diganggu problem mobil yang dialami Rihan dalam dua putaran awal, bisa saja dua podium di putaran ketiga disebabkan perubahan pengisi kokpit.

fastnlow
fastnlow

Rihan yang sebelumnya dinavigatori Adi Indiarto, memilih dipandu Boy Dinata sejak SS 1 putaran ketiga. Selanjutnya Adi kembali menjadi navigator Tb Adhi.

“Mendadak saja keputusan untuk mengubah suasana di kokpit.┬áRihan tampaknya hanya ingin penyegaran dan suasana baru. Saya sendiri tidak melakukan banyak koreksi di trek,” timpal Boy yang merangkap manajer BMB Motorsport HRVRT kepada racing4net.

Namun keberhasilan Rihan tidak diikuti offroader BMB Motorsport HRVRT lain. Adhi/Adi, H Prayudha/Andi Rendy dan H Rizky Prayoga/M Lutfi seperti sedang bermusuhan dengan dewi fortuna. Mereka harus rela terlempar keluar sepuluh besar kejuaraan team.

Nasib yang sama pun dirasakan BMB Motorsport. Keberhasilan H Adim/M Zaki yang meraih podium kedua di kelas G4.2, juga tidak mampu mengangkat peringkat tim tersebut.

goffroad
goffroad

Fawas Salim/Kiki Gunawan, Dadan Pohan/RI Firmana dan Tb Deyang/Fadli Dolding yang juga tergabung dalam BMB Motorsport, gagal menembus sepuluh besar kejuaraan team.

Sementara masalah juga belum menjauh dari H Samsudin Arsyad. Pengoleksi gelar terbanyak juara nasional ini kembali bermasalah di putaran ketiga.

Dimulai kebocoran selang rem dan melintir di terowongan SS 1. Sempat tampil cepat di SS 3, owner JRT Batulicin ini kemudian memutuskan tidak mengikuti SS 4.

“Sudah terlalu jauh untuk mengejar, karena banyak problem di SS 1. Nyaris bisa menyelesaikan SS 1, mendadak gigi mundur pun ikut jebol,” jelas Michael Mardonius, navigator H Samsudin seperti dilansir racing4net.

 

Hasil Ixor Putaran Ketiga

Kejuaraan Umum
1. Jhoni Syaputra/Zoelfiandi (Kalsel/JRT) 06:49,873 menit
2. Rihan Variza/Boy Dinata (Kalsel/BMB Motorsport) 06:53,348 menit
3. Rifat Sungkar/M Redwan (DKI/Pertamax Motorsport) 06:55,400 menit
4. Donny Syahputra/Dede Hermawan (Jabar/BJM CGRT) 07:00,342 menit
5. Andi Baihaki/Dwi Prasetyo (Jabar/BJM CGRT) 07:09,701 menit

Kelas G5.4
1. Donny Syahputra/Dede Hermawan (Jabar/BJM CGRT) 13:49,249 menit
2. Jhoni Syaputra/Zoelfiandi (Kalsel/JRT) 13:52,802 menit
3. Rihan Variza/Boy Dinata (Kalsel/BMB Motorsport) 13:54,535 menit
4. Rifat Sungkar/M Redwan (DKI/Pertamax Motorsport) 13:55,990 menit
5. Hariono/Tunggul Birawa (Kalsel/RAM NAV SAT) 14:35,766 menit

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783