Tabalong Kuasai 125cc Beregu


TABALONG memulai rangkaian balap motor Porprov X/2017 dengan manis. Mereka meraih emas kelas 125cc beregu, Rabu (11/10) melalui duet Ramadhani dan Sandy Yuda Permana.

Keberhasilan tersebut sudah tampak sejak start. Baik Sandy maupun Ramadhan berhasil melesat ke depan.

Jalan mereka menuju emas semakin dipermudah, seiring kegagalan Tapin memanfaatkan pole position. M Noor yang difavoritkan meraih emas, justru terjatuh sebelum lap pertama diselesaikan.

Situasi tersebut juga membuat Alief Maulana harus menarik diri dari balapan. Sekalipun finish terdepan, catatan tersebut takkan diperhitungkan dalam poin beregu.

Sementara sepanjang 25 lap, Sandy dan Ramadhani tidak tergeser dari posisi depan. Mereka pun hanya berusaha menjaga jarak dari baris kedua.

Sebaliknya terjadi persaingan sengit di baris kedua antara Banjarbaru dan Balangan. Yahya Bintang dan Dimas Putra berusaha saling menutupi jalan agar tidak dicuri Balangan yang diperkuat Rizqi Pasha dan Iqram Shidiq.

Rizqi sendiri menempati posisi cukup bagus untuk meraih perak, karena berada di urutan ketiga. Namun Iqram tertahan di baris kedua, tepat di depan Bintang dan Dimas.

Hingga balapan terakhir, Iqram gagal finish lebih baik dari urutan delapan. Sebaliknya Bintang dan Dimas berurutan finish di urutan keempat dan kelima.

Tabalong pun mengklaim emas, sedangkan perak didapatkan Banjarbaru, serta Balangan yang harus puas dengan perunggu.

Namun emas yang didapatkan Tabalong digugat Banjarbaru, Banjarmasin dan Balangan. Mereka memiliki data berupa Nomor Induk Siswa (NIS) yang menunjukkan usia Sandy sudah melewati batas dibawah 16 tahun.

Tabalong sendiri sudah menyertakan ijazah dan akter kelahiran dalam proses pendaftaran Sandy. Dalam kedua data tersebut, pembalap Yamaha Yamalube Borneo Racing itu dinyatakan masih berusia di bawah 16 tahun.

Protes tersebut kemudian diterima technical delegate balap motor Porprov 2017. Namun demikian, keputusan final belum dapat diambil tanpa bukti-bukti yang kuat.

“Kami sudah menerima keberatan tersebut, sembari meminta pihak yang keberatan membawa bukti-bukti fisik pendukung. Selanjutnya kami meminta masukan kepada Dewan Pengarah Porprov 2017,” papar H Jamhuri, technical delegate balap motor Porprov 2017.

“Kemudian untuk memperkuat protes, bukti-bukti pendukung harus dilengkapi pihak yang keberatan, minimal tiga hari setelah kegiatan,” tandasnya.

 

Hasil Kelas Beregu 125cc
1. Tabalong (3 poin)
2. Banjarbaru (9 poin)
3. Balangan (11 poin)

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783