Kategori Grasstrack Diperjelas


MENGHINDARI perbedaan persepsi dalam penetapan kategori, PP Ikatan Motor Indonesia (IMI) memperjelas kategori-kategori pembalap grasstrack.

Penegasan kategori tersebut dicantumkan dalam Pasal 01.2 tentang Pembalap dalam Peraturan Olahraga Sepeda Motor Grasstrack 2018.

Dalam aturan baru, pembalap di kategori pemula minimal berusia 14 tahun dan maksimal 17 tahun. Umur minimal dihitung sejak tanggal ulang tahun si pembalap.

Kemudian kategori pembalap junior ditetapkan berusia minimal diatas 17 tahun dan maksimal 20 tahun. Sedangkan kategori senior berusia minimal diatas 20 tahun hingga maksimal 40 tahun.

Juga dijelaskan bahwa usia maksimal pembalap pemula berakhir di akhir tahun, setelah si pembalap mencapai usia 17 tahun. Demikian pula usia maksimal pembalap junior yang telah ditetapkan berusia 20 tahun.

Dalam aturan lama, pembalap disebut pemula apabila nama si pembalap tidak tertera dalam daftar kategori yang dikeluarkan IMI Pusat/IMI provinsi selama setahun perlombaan, atau Januari hingga Desember.

Sedangkan pembalap junior adalah pembalap pemula yang sudah berkompetisi maksimal dua tahun. Atau bisa juga pembalap yang setahun sebelumnya menduduki peringkat satu hingga tiga regional di kategori pemula.

Pembalap juga sudah disebut berada di level junior, kalau dalam setahun sebelumnya pernah menduduki peringkat satu hingga ketiga dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

Juga dalam aturan lama, pembalap kategori junior adalah pembalap yang maksimal dua tahun berkompetisi. Atau pembalap yang setahun sebelumnya menempati tiga besar juara region kategori junior.

Pembalap juga sudah disebut senior kalau dalam tahun-tahun sebelum tahun berjalan pernah menduduki peringkat satu hingga tiga dalam Kejurnas.

Mengiringi aturan 2018, terdapat sanksi berat kepada pembalap yang memanipulasi data kelahiran. Sanksi yang ditetapkan adalah skorsing selama tiga tahun.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783