SELAIN mengeluarkan berbagai regulasi teknis lomba dan kendaraan, PP Ikatan Motor Indonesia (IMI) mempertegas aturan untuk pit crew. Terutama olahraga sepeda motor grasstrack, pit crew dilarang menggunakan sandal jepit.

Aturan pit crew ini tertuang dalam Buletin IMI Nomor 4/2018 Pasal 01.9 tentang Latihan. Dijelaskan bahwa ketika latihan, qualifying practice dan balapan, manager/pit crew dan pihak yang tak berkepentingan dilarang masuk ke lintasan. Mereka hanya boleh berada di daerah pit area.

Pelanggaran atas sanksi tersebut terbilang berat. Salah satunya berupa denda sebesar Rp500.000. Apabila denda tersebut belum dibayar, pembalap dari tim bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti Iatihan, qualifying practice dan balapan.

Masih dalam pasal yang sama, manager/pit crew/mekanik wajib memakai sepatu. Mereka juga tidak diperbolehkan merokok di pit area.

Aturan tambahan juga termaktub dalam Pasal 01.10 tentang Paddock Pembalap dan Area Sirkuit. Ayat 1 dalam pasal tersebut menekankan larangan merokok di paddock area, terutama tempat perbaikan motor, waiting zone, starting gate dan signaling zone.

Pelanggaran atas ayat 1 ini dikenakan denda Rp500.000. Apabila belum dibayar, pembalap dari tim terkait dikenakan sanksi turun 10 posisi dari urutan finish.

Kemudian dalam ayat 2 ditegaskan larangan memakai sandal di waiting zone, starting gate, signaling zone dan sepanjang sirkuit. Sanksi yang dikenakan berupa turun 10 posisi dari urutan finish kepada pembalap dari tim terkait.

Sementara ayat 3 dari Pasal 01.10 ini mempertegas kepada team manager, crew dan suporter hanya diperbolehkan berada di signaling zone selama latihan, qualifying practice dan balapan.

Kalau masih ngotot berada di area lintasan alias tidak menghiraukan aturan, pembalap mereka dikenakan sanksi turun 10 posisi dari urutan finish.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783