Langsung Kebut Maksimal

hrvrt
hrvrt

LAMA tidak berpartisipasi, HRVRT BGM HBM Binuang langsung tampil maksimal di Kejurnas Rally/Sprint Rally 2018 putaran pertama di Sidrap, Sulawesi Selatan, Sabtu dan Minggu (24/25/2).

Kecuali HM Rizky Prayoga, sebagian besar punggawa HRVRT absen cukup lama dari Kejurnas Rally/Sprint Rally. Hal tersebut berhubungan dengan partisipasi mereka di Kejurnas Speed Offroad.

HM Rihan Variza, misalnya. Tercatat terakhir kali tampil di Kejurnas Rally/Sprint Rally 2014 di Sirkuit Balipat Binuang. Meski demikian, pengalaman berkompetisi di Kejurnas Speed Offroad banyak berguna dalam comeback ke Kejurnas Rally.

Berpartisipasi di Group F di kelas F.3, Rihan yang mengendarai mengendarai Ford R2 sukses membukukan waktu tercepat 0:12,12,6 detik. Ayah tiga putra ini unggul atas pereli tuan rumah Batara Michdar.

Di belakang kemudi Suzuki Swift, Batara membukukan catatan waktu 0:12,27,6. Sedangkan tercepat ketiga ditempati Abraham Emmon dari Sumatera Utara yang mengendarai Mitsubishi Lancer GTi. Baik Batara maupun Abraham merupakan pereli seeded B.

Selain menjuarai Group F dan kelas F.3, pencapaian Rihan lantas menggiring HRVRT memuncaki kejuaraan tim. TB Adhi yang vakum dari rally selama sekitar sembilan tahun, juga tidak kehilangan kegesitan untuk membawa Jeep Cherokee memuncaki klasemen Group J dan kelas J.2.

Dinavigatori Muhamaz Zaki, Adhi membukukan catatan waktu tercepat 0:11,57,3. Mereka menggungguli Denny dari Jawa Barat, serta Irfan Rizal sebagai salah seorang wakil tuan rumah.

Poin HRVRT dalam kejuaraan tim juga disumbangkan Prayoga yang turun di Group M dan kelas M.1. Mengendalikan Mitsubishi Evo X, Prayoga menempati peringkat kelima.

Meski membukukan waktu tercepat, baik Rihan maupun Adhi cukup kesulitan menaklukkan trek, terutama menjelang Special Stage terakhir.

hrvrt
hrvrt

“Semakin siang sirkuit semakin sulit. Terutama SS 2 dan 3, trek semakin licin sehingga harus sedikit tricky agar semuanya bisa terkendali,” jelas Adhi seperti dilansir sportku.

Sementara dari sembilan SS di nomor sprint rally untuk memperebutkan posisi di kejuaraan umum, Adhi menempati peringkat ketiga. Dengan catatan waktu 1:15:21,6, Adhi unggul tipis atas Prayoga yang menduduki urutan keempat.

Rihan yang dinavigatori Andi Rendy sempat mengalami kesulitan, sehingga tertahan di urutan delapan dengan catatan waktu 1:18:32,9.

Sedangkan pemuncak klasemen kejuaraan umum di putaran pertama adalah pereli tuan rumah Priamanaya Djan. Berpasangan dengan Herry Koentojo, mereka mengalahkan juara bertahan Ryan Nirwan dari BRM Motorsport Balikpapan.

Total diikuti 24 starter, perubahan regulasi memang terasa signifikan. Kelas F.1 yang sebelumnya hanya untuk mobil berkapasitas maksimal 1.200 cc, sekarang dinaikkan menjadi 1.400 cc.

Kebijakan ini diterapkan lantaran F.1 belum sepopuler kelas lain, sehingga PP Ikatan Motor Indonesia (IMI) menargetkan peningkatan peserta.

Pun kehadiran kelas J.1 dan J.2 merupakan buah perubahan regulasi. Selain mobil diharuskan menggunakan ban rally berukuran maksimal 205 65 R15, kelas J.1 diikuti mobil bermesin hingga 1.600 cc dan J2 menampung mobil 1.601cc hingga 5.000cc.

Modifikasi kelas J kurang lebih mengacu kepada peraturan yang diterapkan di Grup G4.3 Kejurnas Speed Offroad dengan batasan 8 silinder 5000 cc.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783