Bergaya Paman Pentol


SELAIN memberikan coaching clinic, juara dunia enduro Graham Jarvis juga bersenang-senang dengan mengendarai sepeda motor pedagang pentol.

Jarvis didatangkan NSO World yang bekerjasama dengan Gerombolan Trail Kalsel (GTK) dan Pro GT, serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan dalam Malang Adventure Trail (MAT) 7. Event ini berlangsung 31 Maret hingga 2 April 2018 di Banjarbaru, Banjar dan Tanah Laut.

Meski masih menempelkan nama ‘Malang’ sebagai identitas, MAT7 juga berembel-embel Explore Borneo, karena diselenggarakan di Kalimantan Selatan. Ini juga menjadi rangkaian perdana MAT di luar Jawa Timur.

MAT7 bertema long trip dengan hari pertama menempuh jarak kurang lebih 150 kilometer dari Kantor Gubernur Kalsel dan finish di Bukit Kiram. Lantas hari kedua sejauh 80 kilometer dimulai dari Bukit Kiram menuju arah sebaliknya.

Sedangkan hari ketiga menyelesaikan jarak sejauh 150 kilometer dengan start maupun finish di Hotel Novotel Banjarbaru. Diikuti ribuan tracker dari berbagai provinsi dan sebagian di antaranya rutin mengikuti MAT.

Sebelum masuk lintasan, Jarvis memberikan coaching clinic mengendalikan motor di alam bebas kepada puluhan peserta. Tak sekadar teori, karena semua materi langsung dipraktikkan di lintasan sepanjang 30 kilometer.

Dalam coaching clinic, Jarvis menekankan teknik keseimbangan dan wheelie, “Indonesia terbilang unik, karena keseharian warga banyak menggunakan motor,” ungkap Jarvis.

Dalam setiap trayek dengan total sejauh 380 kilometer, juga diselipkan beberapa kawasan wisata baru. Jarvis yang khusus didatangkan untuk memberi warna berbeda, juga diundang Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, ke Gunung Mawar di Kiram.

naikmotor
naikmotor

Tidak sekadar mengundang, Sahbirin juga sempat menyertai rombongan coaching clinic, “Gunung Mawar memiliki potensi alam bagus, tetapi juga bisa dijadikan lintasan trail yang menantang,” beber Jarvis.

Sahbirin yang memang beberapa kali melakukan kunjungan menggunakan motor trail ke berbagai pelosok, memiliki proram memajukan pariwisata menjadi salah satu pendapatan asli daerah.

“Melalui penyelenggaraan MAT7, kami ingin memperkenalkan alam Kalsel yang tidak kalah cantik dari daerah lain kepada seluruh peserta,” papar Sahbirin.

Tidak hanya peserta, Jarvis juga memiliki pengalaman baru. Dalam perjalanan coaching clinic, Jarvis sempat bertemu penjual pentol keliling.

Ketika tracker lain membeli beberapa biji pentol, pria kelahiran Inggris itu malah tampak penasaran dengan kendaraan penjual.

Jarvis sempat menekan-nekan terompet yang dibuat dari botol lotion bekas, mengelap gerobak, hingga akhirnya menaiki motor si paman pentol.

Kejadian itu juga diunggah Jarvis melalui akun Instagram @gforcejarvis, lengkap dengan tagar #Indonesia @husqvarna1903 @rockstarenergy @shotracegear @airohelmets @ride100percent @fmf73 @sidisport @motorex_powersports #rockstarhusky.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783