MERATUS Extreme eXpedition (MEX) kembali menyambangi Kalimantan Selatan. Berlangsung sejak 14 hingga 28 April 2018, offroader dipastikan terkurung dalam blind spot selama 12 hari.

Ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan MEX. Dalam setiap pelaksanaan, rute yang diambil selalu berbeda. Edisi pertama mengambil rute Banjarbaru ke Tanah Bumbu yang berlangsung 16 hingga 24 April.

Kemudian edisi 2017 yang berlangsung 9 hingga 22 April, rute melintasi Hulu Sungai Tengah ke Tanah Bumbu. Edisi kedua ini juga diikuti 50 dirt bike yang akhirnya hanya sepertiga mampu finish.

Sementara edisi 2018, dimulai dari Banjarbaru, tepatnya Villa Gubernur di Gunung Mawar, melintasi Tanah Laut dan finish di Tanah Bumbu.

Tetap dengan moto ‘no turning back’, mayoritas rute benar-benar terisolasi dari kawasan umum, termasuk perangkat seluler, terutama setelah memasuki Asam-Asam, Kilometer 12, Kawakai, Mangkalapi dan Kepayang.

Menempuh jarak 350 kilometer, jalur hanya disurvei dengan minimalis oleh Syamsir Alam yang juga menjadi Team Leader (TL). Dengan konsep ini, tantangan pun meningkat drastis.

dokumen
dokumen

Penggunaan bahan bakar juga diperhitungkan. Setelah pengisian di Asam-Asam, refuel selanjutnya terletak di base camp 4 yang merupakan satu-satunya jalur terbuka untuk umum sepanjang perjalanan hingga 12 hari selanjutnya.

Dengan peningkatan tantangan dan risiko, MEX pun hanya diikuti peserta yang berpengalaman mengikuti adventure offroad ekstrem dan kendaraan mumpuni.

Total terdapat 62 mobil, termasuk leader, support dan official. Sebagian besar juga pernah mengikuti kesemua edisi MEX, maupun salah satu di antara dua edisi terdahulu.

Kalsel mengirimkan mayoritas tim dan peserta. Mulai dari Team Naga, Kancil, Garuda dan Bekantan. Sisanya berasal dari berbagai provinsi seperti Team Siput, Harimau, Elang Jawa, Kerbau Rawa, Lipan, Leopard, Gorilla, Manguni dan Kucing Hutan.

petualanganomboncu

Sedangkan dirt bike diikuti 50 peserta yang didominasi Kalsel. Kemudian Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sulawesi Tengah.

Tidak hanya berpengalaman, semua kendaraan juga mesti lulus scrutineering yang meliputi ketersediaan alat bantu mekanis, spareparts dan tools, termasuk bahan makanan.

Peserta juga diwajibkan menyelesaikan perjalanan sampai finish di Pantai Rindu Alam sesuai jadwal, kecuali apabila terjadi keadaan mendesak seperti cedera atau kerusakan kendaraan.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783