KETIKA sebagian besar pereli kesulitan, HM Rihan Variza justru terbantu hujan yang mengguyur Special Stage (SS) III Kejurnas Sprint Rally 2018 putaran kedua di Sirkuit GKR Bungah Gresik, Sabtu dan Minggu (21-22/4).

Rihan tampaknya sudah mantap mengikuti semua seri Kejurnas Sprint Rally 2018, mengingat rangkaian seri Kejurnas Sprint Offroad yang sudah digeluti selama tiga tahun terakhir, baru mulai digelar Juli 2018.

Setelah seri pembuka di Sidrap, Sulawesi Selatan, Rihan membawa HRVRT BGM HBM ke seri kedua yang berlangsung di Sirkuit GKR. Karakter GKR benar-benar berbeda dengan Sidrap.

Meski sama-sama high speed, GKR didominasi tanah kapur yang licin. Itu belum termasuk beberapa turunan, tanjakan dan water splash. Akibatnya tidak sedikit pereli yang mengalami overshoot.

Situasi itu tak urung sempat membuat Rihan sedikit kesulitan menjalani SS I kelas F.3. Hanya membukukan catatan waktu 04:28,6 detik, Rihan yang dinavigatori Andi Rendy tertahan di urutan kedua. Sedangkan peringkat teratas ditempati Haudinata Tjipto.

raceporter
raceporter

Lantas peningkatan diperlihatkan Rihan di SS II dengan catatan waktu 04:23,0 detik, setelah memperbaiki seting suspensi. Catatan waktu tersebut sekaligus membawa Rihan berbalik mengungguli Haudinata.

Malah ketika SS III berlangsung pasca trek diguyur hujan yang cukup deras, Rihan tetap membukukan waktu terbaik 04:32,0 detik. Sebaliknya Haudinata semakin tertinggal dengan catatan waktu 04:48,6 detik.

Sejak SS III ketiga tersebut, Rihan nyaman menjalani SS IV yang sekaligus menutup rangkaian putaran kedua. Dengan total waktu 17:50.4 detik, Rihan meraih back to back winner kelas F.3.

Tidak mau kalah dengan rekan setim, TB Adhi juga kembali berjaya di kelas J.2. Dinavigatori M Zaki, catatan waktu Adhi selalu tercepat di antara rival.

Di sisi lain, HA Rizky Prayoga masih belum menemukan setingan terbaik di kelas M.1. Mengendarai Mitsubishi Evo, Prayoga finish di urutan keenam. Sedangkan tiga peringkat teratas ditempati Rizal Sungkar, Ryan Nirwan dan Glenn Nirwan.

Seri berikutnya direncanakan berlangsung 15 Juli 2018 di BSD Tangerang Selatan. Penyelenggaraan berbarengan dengan seru pembuka Kejurnas Speed Offroad Indonesia Xtreme Offroad Racing (IXOR) 2018.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783