portaldaha

SEJARAH segera dicatatkan Hulu Sungai Selatan. Dalam pemilihan tuan rumah Porprov Kalimantan Selatan 2021, Bumi Antaluddin memperoleh suara terbanyak untuk mengungguli Banjarmasin dan Banjarbaru.

Bidding tuan rumah Porprov 2021 merupakan salah satu agenda Rapat KONI Provinsi (Rakonprov) KONI Kalsel, Rabu hingga Jumat (9-11/5). Pemilihan diikuti 49 organisasi cabang olahraga, termasuk Ikatan Motor Indonesia (IMI), KONI kabupaten/kota dan 1 suara dari KONI Kalsel.

Banjarmasin, Banjarbaru dan HSS merupakan tiga daerah yang telah menjalani prosesi pencalonan. Mulai dari membayar uang jaminan, hingga verifikasi kesiapan fisik.

Sebelum proses pemilihan dilakukan, masing-masing kepala daerah diberi kesempatan memaparkan kesiapan dan keunggulan. Mereka mendapatkan kesempatan selama 15 menit.

Banjarmasin menjadi calon tuan rumah pertama yang diberi kesempatan. Mereka menjanjikan kesiapan menggelar 42 cabang olahraga dengan sejumlah jaminan, mengingat ketersediaan venue di Kota Seribu Sungai.

“Kami juga profesional sebagai tuan rumah. Artinya cabang-cabang yang tidak memiliki venue di Banjarmasin, dapat diselenggarakan di kabupaten lain. Seperti balap motor di Tapin, golf dan baseball di Banjarbaru,” demikian paparan Banjarmasin yang disampaikan H Hamdi selaku Plt Sekdako Banjarmasin.

Pun selama pelaksanaan, Porprov 2021 dibikin semarak dengan penyelenggaraan pameran kebudayaan, kesenian dan bazar dari seluruh kabupaten kota peserta. Banjarmasin juga menggunakan menara pandang untuk logo dan iwak kalabau sebagai maskot.

“Tidak kalah penting adalah ketersediaan transportasi yang melayakni kontingen selama 24 jam, serta kelengkapan informasi digital. Bahkan tersedia diskon belanja di pusat perbelanjaan untuk kontingen,” tegas Hamdi.

Tidak mau kalah, Banjarbaru juga menawarkan kelengkapan venues dan kesiapan mempertandingkan 45 cabang olahraga. Mulai dari Lapangan Murjani, Lapangan Golf Swargaloka, GOR Rudy Resnawan, hingga Danau Seran.

“Keuntungan kami adalah jarak antar venue yang berdekatan. Demikian pula dengan fasilitas pendukung seperti rumah sakit dan sarana ibadah,” beber Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani yang langsung memaparkan kesiapan Kota Idaman.

Sama seperti Banjarmasin, Banjarbaru juga menyiapkan angkutan untuk kontingen dari penginapan sampai ke venue maupun sebaliknya. Pun akomodasi tak perlu dikhawatirkan, lantaran tersedia sekitar 49 hotel dengan 3.600 kamar.

“Itu belum termasuk sejumlah asrama untuk menampung atlet dengan jumlah lebih banyak. Sebagai bonus untuk kontingen adalah diskon di beberapa rumah makan,” jelas Nadjmi.

Sementara HSS mendapat kesempatan terakhir memberikan paparan. Kesempatan ini digunakan Plt Bupati HSS, H Ardiansyah, untuk menggambarkan kesiapan Bumi Antaluddin.

“Keunggulan HSS adalah berada di tengah-tengah Kalsel, sehingga lebih mudah diakses. Kalau mempertimbangkan keadilan dan pemerataan pembinaan, HSS cukup pantas lantaran kami belum pernah menjadi tuan rumah,” cetus Ardiansyah.

“Kami juga siap menyediakan transportasi gratis untuk semua kontingen. Dengan potensi alam yang dimiliki, kontingen digratiskan masuk ke semua objek wisata, plus oleh-oleh khas,” imbuhnya.

Akhirnya dalam proses pemilihan yang memperebutkan 64 suara, HSS memperoleh 25 suara. Mereka unggul tipis atas Banjarmasin yang mendapatkan 24 suara. Sedangkan Banjarbaru hanya mendulang 13 suara dan 1 suara rusak.

“Ini baru tahap awal pemilihan, sehingga belum bisa menentukan,” sahut H Muhammad Welny, Wakil Ketua KONI Kalsel.

“Hasil voting lebih dulu dikirimkan kepada Gubernur Kalsel yang berwewenang menentukan tuan rumah. Meski demikian, hasil pemilihan tetap menjadi¬† pertimbangan utama,” tandasnya.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783