imikalsel
imikalsel

PUTARAN keenam Kejurnas Auto Gymkhana 2018 di Lapangan Murdjani Banjarbaru, Sabtu (3/11), sekaligus menjadi momen reuni peslalom-peslalom Kalimantan Selatan.

Event slalom kedua atau pertama berlevel nasional di Kalsel ini menarik animo cukup tinggi. Tercatat 110 starter memperlihatkan kepiawaian menaklukkan handycap.

Lintasan juga terbilang menantang, karena menyajikan karakter hi speed memanfaatkan panjang dan lebar Lapangan Murjani yang berukuran 120 meter dan 20 meter.

Tidak cuma penghuni sepuluh besar klasemen nasional, karena putaran keenam ini diramaikan peslalom Kalsel yang sempat aktif di tahun-tahun sebelumnya.

Sebut saja Bara Paratama Maha Putra. Setelah sekian tahun absen lantaran menjalani pendidikan kepolisian, mantan peslalom HRVRT Slalom Division ini kembali ke lintasan.

Comeback Bara terbilang manis, karena berhasil menjuarai kelas A2. Mengendarai Honda Brio, Bara membukukan waktu terbaik 00:48,893 detik di heat pertama.

barapratama
barapratama

Sempat bersaing ketat dengan Mario Claudio dari Fastron Slalom Team, Bara mengunci podium teratas di heat kedua dengan waktu 00:49.548 detik.

Juga tampil di kelas A salon, Bara menjadi runner up di belakang Anandyo Dwiki. Sementara dalam klasemen seeded B, Bara menempati peringkat ketiga, lantaran terkena penalti 2 detik di heat kedua.

Lapangan Murdjani juga menjadi saksi penampilan debut sejumlah peslalom muda Kalsel seperti Ahmad Rizki Wahidin dan Wahyu Dani yang berlomba di kelas A1.

Kehadiran peslalom-peslalom muda ini menjadi angin segar, berkaitan dengan PON 2020. Sesuai technical handbook, usia maksimal peserta adala 23 tahun berjalan ketika PON diselenggarakan di Papua.

Dengan demikian, kategori pesalom yang bertanding di nomor perorangan, beregu dan tandem adalah pemula.

Sementara performa Dina Pricillia agak menurun, karena masih butuh beradaptasi dengan persaingan dan mobil di kelas A1. Sebelumnya Dina mengawali perjalanan di Kejurnas Auto Gymkhana 2018 sebagai kontestan A2 hingga seri kelima di Malang.

Mengendarai Honda Jazz, Dina bahkan terkena penalti di kelas A1. Sedangkan di kelas wanita, peslalom HBM SBM ini menempati urutan kelima.

fastnlow
fastnlow

Alinka Hardianti masih menjadi penguasa kelas wanita. Bahkan peslalom yang juga sprint offroader ini menjadi satu-satunya wanita yang masuk sepuluh besar dalam final kelas A maupun F.

Sedangkan di kelas B, predikat juara nasional sudah dikunci Rinaldo Sosro Atmodjo. Meski hanya menempati peringkat ketujuh, poin peslalom Fastron Slalom Team ini surplus 32 poin atas peringkat kedua.

Dengan telah mengunci juara nasional ini, Rinaldo bisa bermain santai di seri terakhir yang berlangsung 8 Desember di Purwokerto.
Hasil Kejuaraan
Kelas A2
1. Bara Pratama (Kalsel/Pancadarma Racing)
2. Mario Claudio (Jabar/Fastron Slalom)
3. Irfanda Ario (Jatim/Predator Slalom)
4. Ahmad Adib (Jatim/Predator Slalom)
5. Tori Utomo (Jatim/Predator Slalom)

Kelas A Salon
1. Anandyo Dwiki (DKI/Pancadarma Racing)
2. Bara Pratama (Kalsel/Pancadarma Racing)
3. Billy Adrianto (Jabar/Pancadarma Racing)
4. Hongki Regina (DKI/Pancadarma Racing)

Kelas B1
1. Billy Adrianto (Jabar/Pancadarma Racing)
2. M Zakki (Kalsel/NT)
3. Azwar Hidayat (Kaltim/NT)
4. Armanda Citra (Kalsel/NT)
5. Deddy Armansyah (Jabar/Pancadarma Racing)

Kelas B Open
1. Koh Petrus (DIY/HTJRT)
2. Binar ZTR (Jatim/Fastron Slalom)
3. Rendy Riupasa (Jabar/HTJRT)
4. Deddy Armansyah(Jabar/Pancadarma Racing)
5. Armanda Citra (Kalsel/NT)

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783