Spesialis Jawara F3

hrvrt
hrvrt

KETEKUNAN HM Rihan Variza berpartisipasi di event-event rally nasional sudah berbuah manis. Ditandai keberhasilan menjadi juara nasional kelas F3 Kejurnas Rally 2018.

Gelar tersebut dikunci Rihan di putaran kedua dan ketiga atau terakhir yang dilangsungkan bersamaan di Sumatera Utara, tepatnya Perkebunan Rambong Sialang, Sabtu dan Minggu (17-18/11).

Untuk setiap putaran, tersedia tiga Special Stage (SS) yang masing-masing berjarak 18,88 kilometer, 14,40 kilometer dan 14,49 kilometer.

Rihan yang mengendarai Ford Fiesta M-Sport R2, membukukan waktu tercepat 1:27:26,4 menit di putaran kedua, Sabtu (17/11). Catatan waktu tersebut menempatkan pereli HRVRT BGM HBM ini di peringkat keempat overall classification.

Padahal trek putaran kedua terbilang cukup berat, lantaran hujan yang mengguyur sehari sebelumnya. Seiring pertimbangan keselamatan, sejumlah rute diubah dengan memotong lintasan yang tergenang air.

hrvrt
hrvrt

Kendati demikian, tetap saja perubahan tersebut tak mengurangi tantangan. Sejumlah mobil terjebak di lintasan berlumpur, hingga mengalami kerusakan as roda.

Sementara putaran ketiga, Minggu (18/11), berlangsung di atas trek yang lebih bersahabat. Kendati demikian, tetap saja Rambong Sialang memerlukan stamina pembalap dan kekuatan optimal mobil.

Memang banyak straight sepanjang 200 meter sampai 800 meter yang biasanya menjadi kesempatan pereli berelaksasi sejenak.

Namun sepanjang straight tersebut, mereka tetap harus fokus dengan alur-alur dan lubang-lubang besar di jalan akibat guyuran hujan.

Perbedaan situasi itu sendiri tidak mengubah pendekatan Rihan. Dinavigatori Andi Rendy, Rihan menyelesaikan putaran ketiga dengan total time 1:29:39,6 menit.

Dari semua kompetitor di kelas F3, cuma Rihan yang menembus catatan waktu di bawah 1:30:00,0 menit. Padahal beberapa pereli di kelas F3 sudah berstatus seeded B dan A.

Meski demikian, posisi Rihan dalam klasemen overall classification putaran ketiga melorot. Mantan crosser dan pembalap road race ini menempati peringkat ketujuh.

hrvrt
hrvrt

Gelar juara nasional Kejurnas Rally melengkapi prestasi Rihan di Kejurnas Sprint Rally 2018, setelah menjuarai seri kelima yang berlangsung di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Sabtu (27/10).

Sementara di kelas M1, HA Rizky Prayoga yang dinavigatori Muhammad Lutfi, tertahan di urutan kelima, baik di putaran kedua maupun ketiga. Dengan demikian, pereli HRVRT BGM HBM ini juga menempati posisi tersebut di klasemen akhir.

Kendati demikian, hasil tersebut tidak mempengaruhi posisi Prayoga untuk memperoleh gelar juara nasional non seeded.

Sementara Ryan Nirwan dari BRM Motorsport Balikpapan, masih mendominasi kelas M1. Ditemani Adi Indiarto di kursi navigator, Ryan mengakhiri perlawanan ketat Priamanaya Djan.

Selain kelas F3, HRVRT BGM HBM juga menempatkan Tb Adhi sebagai juara nasional kelas J2. Pereli Banten tersebut mengungguli rekan setim, HM Prayudha Aditya, di peringkat kedua.

Seiring pencapaian keempat pereli sejak putaran pertama di Sidrap hingga terakhir, HRVRT BGM HBM sekaligus memastikan diri sebagai jawara team.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783