birtofficial
birtofficial

UNTUK ukuran pembalap yang baru mengikuti segelintir event, aksi Ibrahim Gafur di Kejurnas MotoPrix Region IV Kalimantan 2018 layak diacungi jempol.

Ibrahim merupakan satu-satunya rider Kalimantan Selatan yang berhasil menembus Grand Final Kejurnas MotoPrix 2018 di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/11).

Hasil yang diperoleh memang belum maksimal. Start dari urutan 12 di kelas bebek 125cc 4T standar pemula (MP5), Ibrahim menyelesaikan balapan sepanjang 13 lap tersebut di posisi yang sama.

Aldi Satya Mahendra dari DI Yogyakarta menjadi juara nasional MP6, setelah bersaing dengan rekan sedaerah Dimas Juliatmoko yang merupakan kampiun MP6 Region II Jawa.

Kedua pembalap tersebut mempertegas dominasi Region II yang menempatkan pembalap berstatusĀ juara-juara nasional MP1 hingga MP5 di musim 2018.

Dengan akumulasi poin region dan hasil final, Ibrahim menempati urutan 8 nasional dan mengemas 24 poin.

yamahaindonesia
yamahaindonesia

Meski belum bisa berbicara banyak, hasil yang dibukukan Ibrahim tetap layak diapresiasi. Terlebih siswa kelas IX SMPN 9 Banjarmasin ini masih minim pengalaman, lantaran baru mengikuti beberapa event.

“Bahkan Grand Final MotoPrix 2018 itu merupakan pengalaman pertama saya di sirkuit besar. Akhirnya saya masih meraba-raba cara membawa motor, termasuk setingan mesin,” ungkap Ibrahim.

Kalau dihitung-hitung, Ibrahim baru mengikuti sekitar sembilan event semenjak aktif membalap mulai akhir 2017. Itu termasuk memperkuat Tanah Bumbu di Porprov Kalsel 2017 di Tabalong.

“Awalnya hanya latihan biasa di Lapangan Murjani Banjarbaru atau di Jalan Trikora. Lalu mulai ikut event balap, sebelum kemudian merasa lebih siap mengikuti Kejurnas MotoPrix,” beber Ibrahim.

Pembalap Baim Irwan Racing Team (BIRT) NHK ini berangkat ke Grand Final MotoPrix 2018 dengan modal runner up Region Kalimantan di kelas bebek 125cc 4T standar pemula B (MP5).

birtofficial
birtofficial

Hanya absen dua kali dari total enam seri Region Kalimantan, Ibrahim membukukan total 95 poin. Salah satu hasil terbaik Ibrahim adalah finish terdepan di seri keempat yang berlangsung di Sirkuit Sabaru Palangka Raya.

Tetapi dalam putaran pamungkas di Sirkuit Marido Tanjung, Ibrahim gagal menyelesaikan balapan akibat kerusakan mesin.

Ibrahim juga berpartisipasi di kelas bebek 150cc 4T standar pemula B (MP5). Namun poin yang dikantongi belum cukup menembus tiga besar region sebagai syarat membalap di final.

Meski sudah memperoleh hasil yang cukup bagus dalam debut di Kejurnas MotoPrix, Ibrahim bisa saja tidak melanjutkan karir balap di musim 2019.

Salah satu yang menjadi kendala adalah sponsorship. Terlebih BIRT merupakan tim independen yang dikelola orangtua Ibrahim. Sebelumnya baru NHK yang bersedia memberikan sokongan sepanjang 2018.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783