Penanda Satu Dasawarsa


MENGINJAK tahun kesepuluh, Hayau Tarus One Day Adventure juga disegarkan dengan sejumlah aturan dan tentu saja hadiah yang lebih besar.

Berlangsung 9 Februari 2019, Hayau Tarus 10 merupakan event pertama dalam kalender olahraga Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalimantan Selatan 2019.

Sama seperti edisi sebelumnya, event hajatan Monster Adventure Club Binuang ini selalu menjadi perhatian penggemar adventure trail. Tak hanya Kalsel, juga empat provinsi lain di Kalimantan, Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Bahkan kuota khusus untuk jalur extreme sebanyak 500 rider, sudah terisi penuh sejak akhir November 2018. Meski demikian, jalur fun dijanjikan tidak kehilangan sensasi.

“Kami hanya menargetkan 3.000 rider. Sebelumnya peserta terbanyak adalah 4.000 rider di edisi kedelapan,” papar Ketua Monster Adventure Club, H Husairi Padlan, Sabtu (2/2).

monster
monster

Untuk menandai edisi satu dasawarsa, Monster mengubah beberapa kebiasaan. Salah satunya meniadakan saweran tanjakan.

Sebelumnya rider yang tidak sanggup menaiki tanjakan, dapat meminta tolong ditarik atau didorong kepada warga sekitar dengan bayaran tertentu.

“Dengan meniadakan saweran tanjakan, rider bisa saling membantu. Ini juga untuk mempererat kebersamaan dan persaudaraan antar rider,” tambah H Boy, wakil ketua panitia.

Setelah meniadakan tanjakan saweran, Monster memberikan tanda khusus kepada rider yang sengaja mencuri jalur alias tidak melalui jalur resmi demi finish lebih cepat.

“Peserta ini langsung diberikan stiker daster yang berarti tidak fair selama partisipasi. Data pelanggar dapat diketahui, karena kami memiliki petugas di setiap check point,” tegas Boy.

Demi memanjakan semua peserta, Monster juga meningkatkan level hadiah, “Sekarang hadiah utama disediakan 2 unit mobil. Sebelumnya cuma satu mobil,” tambahnya.

trailbalicak
trailbalicak

Dengan semangat kebersamaan pula, Monster tidak memilih-milih sepeda motor peserta. Selama masih mampu, rider motor trail rakitan atau biasa disebut odong-odong, tetap diperbolehkan berpartisipasi.

“Kami menempatkan jalur ekstrem sejauh 85 kilometer. Sedangkan jalur fun 70 kilometer dengan 70 persen tanjakan,” beber H Syamsul Khair, track master Hayau Tarus 10.

“Sedangkan jalur ekstrem tidak hanya diperuntukkan motor-motor kencang. Kami menentukan jalur-jalur yang lebih menekankan kemampuan rider. Salah satunya sungai sejauh 2 kilometer,” sambungnya.

trailbalicak
trailbalicak

Sementara Ketua IMI Kalsel, Ir Edy Sudarmadi, mengapresiasi Hayau Tarus yang mampu bertahan selama satu dekade.

“Hayau Tarus memiliki kualitas yang bagus. Event seperti ini layak diikuti, ketimbang event ilegal yang mengatasnamakan latihan bersama,” papar Edy.

Memang dalam beberapa tahun terakhir, IMI Kalsel sedang berusaha memberantas event adventure tanpa rekomendasi resmi berkedok latihan bareng.

Melalui event resmi seperti Hayau Tarus, rider disadarkan bahwa latihan bareng semestinya hanya diikuti beberapa rider, tanpa dipungut biaya pendaftaran dan hadiah. Hal minus lain dari event ilegal adalah ketiadaan asuransi dan tentu saja tidak dilindungi hukum.

“Parahnya terkadang latihan bersama disengaja digelar bersamaan, sehingga berakibat event resmi sepi peserta,” tandas Edy.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783