Resmi: MotoGP Indonesia 2021


5c6ea27f8c9f91550754431-eksotika_edit

PENYELENGGARAAN MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, tidak lagi diakui sepihak. Dorna Sport sudah memastikan event balap motor tertinggi itu berlangsung sejak 2021.

MotoGP Indonesia diinisiasi Indonesia Tourism Development (ITDC). Kesepakatan ditandatangani 28 Januari 2019 di Madrid yang dilakukan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dan Abdulbar Mansoer selaku CEO ITDC, serta disaksikan Drs Hermono sebagai Duta Besar Indonesia untuk Spanyol.

Kesepakatan itu memastikan Indonesia menyelenggarakan MotoGP di Nusa Tenggara Barat, tepatnya Mandalika yang berada di Lombok Tengah hingga lima tahun kedepan.

Tidak hanya MotoGP, Dorna juga memastikan menyelenggarakan World SuperBike (WSBK) di sirkuit yang berkonsep jalan raya tersebut. Kesepakatan sendiri memuat opsi perpanjangan dua tahun.

Dengan demikian, MotoGP memiliki satu-satunya seri yang digelar di sirkuit jalan raya, mirip seperti Formula 1 di Sirkuit Monte Carlo Monako dan Marina Bay Singapura.

motorsport
motorsport

“Ini merupakan rencana unik dengan sirkuit urban dan kelas dunia di negara dengan fans MotoGP yang besar. Indonesia adalah kunci pemasaran kami, menilik persentase fans olahraga otomotif,” ungkap Ezpeleta seperti dilansir motogp.com.

“Atmosfer MotoGP semakin kental, ketika sirkuit sudah selesai dibangun. Juga dengan memasukkan Mandalika dalam kalender WSBK, membuat fans lokal memiliki dua event kelas dunia di area yang sama,” tambahnya.

Kesepakatan ini membuat Indonesia akhirnya kembali menggelar balap motor internasional kelas tertinggi lagi, setelah 24 tahun silam di Sirkuit Sentul.

Indonesia menjadi tuan rumah edisi 1996 dan 1997 untuk semua kelas World Grand Prix 500cc, 250cc dan 125cc. Edisi terakhir menjadi tuan rumah, GP500 dimenangi Tadayuki Okada. Kemudian Massimiliano Biaggi menjuarai GP250 dan Valentino Rossi berjaya di GP125.

Sebelum resmi digelar di Mandalika, Indonesia sempat digadang-gadang menjadi tuan rumah MotoGP 2017 di Sentul. Namun perlahan menguap, seiring berbagai kendala. Padahal layout Sentul sudah dimodifikasi perancang sirkuit dunia Hermann Tilke.

Kemudian Palembang disebut siap menjadi opsi berikutnya setelah Sentul. Namun seperti Sentul, MotoGP di Palembang tinggal wacana.

Sirkuit Mandalika sendiri direncanakan memiliki panjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan. Dalam pembangunan sirkuit, ITDC bekerja sama dengan Vinci Construction and Grand Projets.

Bersama perusahaan infrastruktur global dari Prancis tersebut, pembangunan sirkuit direncanakan dimulai Oktober 2019.

motorsport
motorsport

“Pembangunan sirkuit membutuhkan selama waktu setahun. Kami hanya membangun jalan dasar dan kawasan. Sedangkan street circuit, paddock dan perangkat balap lain ditangani Vinci,” rinci Abdulbar kepada detiksport.

“Kami sudah mendapat dukungan Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pariwisata dalam mempromosikan Mandalika sebagai salah satu dari 10 Bali Baru,” tegasnya.

Untuk membangun sirkuit tersebut, dibutuhkan sekitar 40 hingga 50 juta dolar (sekitar Rp562 hingga Rp703 miliar) oleh investor. Setelah sirkuit selesai dibangun, digelar rangkaian trial run oleh Dorna atau event lain.

Sementara untuk berbagai sarana penunjang di Mandalika, Pemprov NTB menjanjikan bantuan sebesar 1 juta euro (sekitar Rp15 miliar).

“Kami tentu senang dengan kesepakatan ini. Pemprov NTB sudah menginjeksi 1 juta euro sebagai bentuk keseriusan,” sahut Zulkieflimansyah, Gubernur NTB.

“Penunjukkan Mandalika diharapkan bisa mendorong akselerasi pembangunan wilayah tersebut. Ketika event berlangsung, diharapkan pengunjung dari dalam dan luar negeri bisa mencapai 100 ribu,” tandasnya.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783