Mari Bergabung Bersama IMI


AKIBAT informasi kurang jelas, tidak sedikit komunitas maupun klub otomotif yang enggan bergabung dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Padahal jalan yang mesti ditempuh untuk menjadi anggota cukup mudah.

Sejatinya banyak manfaat yang bisa dipetik klub anggota IMI. Aspek yang paling penting adalah pengakuan hukum dan perundang-undangan negara terhadap klub tersebut. Terlebih IMI juga diakui Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pariwisata, serta dinaungi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Begitupula di level provinsi. IMI Kalimantan Selatan berada dalam naungan KONI Kalsel sebagai kepanjangan tangan KONI Pusat untuk mengayomi organisasi-organisasi cabang olahraga.

Klub terdaftar juga tergabung dalam komunitas yang lebih besar, baik klub mobil maupun sepeda motor. Bahkan klub maupun anggota yang berpotensi, memiliki kesempatan difasilitasi IMI mencapai prestasi, sehingga aktivitas klub tak sekadar nongkrong atau touring.

Kenggotaan klub IMI sendiri telah diatur dalam Peraturan Organisasi (PO) Ikatan Motor Indonesia Nomor: 04/IMI/PO/XII/2018 Tentang Klub Ikatan Motor Indonesia.

Dalam poin Kedudukan Klub Pasal 2 antara lain dijelaskan bahwa klub merupakan organisasi penggemar bidang-bidang yang berkaitan dengan kegiatan kendaraan bermotor. Klub yang secara struktural dalam organisasi IMI merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan pembinaan dan pengembangan demi kemajuan anggota-anggota.

imikalsel
imikalsel

Untuk menjadi klub anggota, cara yang ditempuh diawali dengan mendaftarkan diri kepada IMI Kalsel melalui surat permohonan tertulis.

Surat mesti dilampiri susunan kepengurusan, minimal ketua, sekretaris dan bendahara, serta anggota minimal 15 orang. Juga dilampirkan setidaknya proposal Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Biasanya dalam AD/ART, terdapat rencana program jangka panjang, menengah dan pendek klub yang berkaitan dengan olahraga maupun wisata kendaraan bermotor.

Pendaftaran juga disertai surat pernyataan tunduk dan taat kepada AD/ART maupun peraturan-peraturan yang dikeluarkan dan diberlakukan IMI, serta membuat surat pernyataan kesanggupan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan IMI provinsi maupun IMI Pusat.

Proses berikutnya adalah membayar registrasi klub sebesar Rp2.500.000 kepada IMI Kalimantan Selatan. Biaya itu sudah termasuk uang pangkal sesuai dengan PO IMI.

Juga terdapat kewajiban membayar iuran per bulan sebesar Rp50.000. Namun khusus klub baru, disyaratkan membayar selama 12 bulan atau sebesar Rp600 ribu ketika mendaftar.

Kemudian biaya pendaftaran dengan total sebesar Rp3.100.000 tersebut dapat disetorkan langsung ke Sekretariat IMI Kalsel. Bisa juga ditransfer via rekening Bank Kalsel atas nama IMI Kalsel dengan nomor 001.00.12.00084.4.

imikalsel
imikalsel

Kewajiban lain adalah ketersediaan sekretariat yang dilengkapi papan nama, e-mail dan bendera klub dengan ukuran 90 cm x120 cm.

Apabila persyaratan keseluruhan telah terpenuhi, IMI provinsi menerbitkan surat keputusan pengukuhan kepengurusan klub. Klub yang telah memenuhi persyaratan, lantas didaftarkan ke IMI Pusat.

Klub yang diterima sebagai anggota, kemudian berhak memperoleh Tanda Klub Terdaftar (TKT) dari IMI Pusat. Untuk mendapatkan TKT, dikenakan biaya administrasi yang ditetapkan IMI Pusat sebesar Rp300 ribu untuk satu tahun.

TKT menjadi persyaratan utama penerbitan Kartu Tanda Anggota (KTA) oleh IMI Pusat. Sesuai PO IMI Nomor: 03/IMI/PO/XII/2018 Tentang Keanggotaan Ikatan Motor Indonesia, anggota baru dikenakan biaya sebesar Rp150 ribu yang berlaku setahun, serta Rp130 ribu untuk perpanjangan satu tahun.

Iuran dialokasikan untuk asuransi atas nama pemegang KTA sebesar Rp30 ribu per satu tahun, IMI setempat Rp30 ribu, klub anggota terkait Rp10 ribu, iuran keanggotaan Rp40 ribu, serta biaya produksi dan pengiriman KTA Rp20 ribu.

Kemudian Rp20ribu dari iuran tersebut, dialokasikan sebagai uang pangkal anggota baru yang dikenakan hanya sekali.

Proses permohonan KTA baru maupun perpanjangan, kesemuanya dilakukan lewat sistem online melalui aplikasi IMI Online yang dapat diunduh melalui Google Play dan App Store. Sementara fisik KTA dapat diambil di sekretariat IMI provinsi setempat.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783