IMI Kalsel Mengejar Kualitas

imikalsel
imikalsel

MENYESUAIKAN tuntutan zaman dan regulasi, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalimantan Selatan merekomendasikan personel dan klub untuk mengikuti seminar dan uji kompetensi yang digelar IMI Pusat, selasa hingga Jumat (19-22/3) di Jakarta.

Kedua agenda tersebut merupakan program kerja IMI Pusat yang tertuang dalam SK No.008/IMI/SK-OR/A/I/2019 tertanggal 17 Januari 2019 dan SK No.010/IMI/SKOR/A/I/2019 tertanggal 17 Januari 2019.

Tujuan utama program tersebut adalah berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas Olahraga mobil dan sepeda motor nasional guna menunjang pelaksanaan kembali kejuaraan internasional di Tanah Air.

Atas tujuan tersebut, IMI Pusat berusaha menyegarkan kembali personel dan klub yang terlibat dalam setiap kejuaraan, sekaligus peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Kesempatan tersebut tidak disia-siakan IMI Kalsel yang merekomendasikan beberapa personel dan klub untuk berpartisipasi. Bahkan mayoritas di antaranya memperoleh nilai memuaskan.

Dari olahraga mobil, Ahmad Rivani berhak mendapatkan lisensi A untuk Clerk Of The Course (COC) dan steward slalom. Kemudian Ratna Idawatie memperoleh lisensi A untuk time rally.

Untuk mendapatkan kembali lisensi tersebut, mereka di antaranya mesti menjawab 30 hingga 50 soal peraturan sesuai jenis olahraga, serta 30 hingga 50 soal organisasi dan Peraturan Nasional Olahraga Kendaraan Bermotor (PNOKB). Semua jawaban harus memenuhi syarat minimal kelulusan 80 persen.

Pemegang lisensi A olahraga mobil dapat bertugas untuk pimpinan perlombaan maupun race director kejuaraan nasional.

imikalsel
imikalsel

Lantas dari olahraga sepeda motor, Effendi Blegur bersama Sipliansyah Hartani dan Rivani menyelesaikan pengambilan lisensi A Clerk of The Course dan Sporting Jury balap motor.

Melengkapi lisensi A balap motor, Blegur dan Sipliansyah bersama Ruswandi juga mendapatkan lisensi A Clerk of The Course dan Sporting Jury drag bike.

Dalam olahraga sepeda motor, lisensi A diperuntukkan observer dan anggota juri kejuaraan nasional, serta pimpinan perlombaan dan race director kejuaraan provinsi atau klub.

Sementara Fatahillah Akbar menjadi satu-satunya perwakilan Kalsel yang mengantongi lisensi B Sporting Jury grasstrack. Jenis yang sama juga diperoleh Supratikto untuk adventure sepeda motor.

Sementara dalam seminar dan uji kompetensi klub, Rimvi Motor Club (RMC) dan HB Putra memperoleh kualifikasi A. Kemudian Tabalong Otomotif Club (TOC) mengantongi kualifikasi B, serta Borneo Offroad Club (BOC) dengan kualifikasi C. Total terdapat 26 klub maupun promotor nasional mengikuti uji kompetensi pertama dalam kalender 2019 ini.

imikalsel
imikalsel

Demi mendapatkan kualifikasi tersebut, perwakilan klub yang didelegasikan diberikan pertanyaan dalam kaitan organisasi, administrasi dan koordinasi, event management dengan ruang lingkup tata kelola, promosi dan media coverage, serta peraturan dan safety.

Mengingat jalan yang didapat demi memperoleh kualifikasi tersebut, klub kategori A diberi kepercayaan menyelenggarakan event nasional dan internasional. Sementara kategori B menyelenggarakan event nasional, sedangkan kategori C hanya menggelar event-event provinsi dan klub.

Sesuai ketentuan IMI Pusat, masa berlaku Sertifikat penyelenggara adalah tiga tahun berjalan. Kemudian sertifikat penyelenggara IMI kategori A dan B wajib dimiliki penyelenggara event-event nasional mulai 2019.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783