Langsung Poin Besar


DEBUT Adieta Herianoor bersama Honda Astra Motor Racing Team (ART) Kalimantan berakhir manis. Pembalap Kalimantan Selatan ini meraih poin besar di seri pembuka Kejurnas Motoprix Region IV Kalimantan 2019.

Berlangsung di Sirkuit Lanay Jaya Kutai Barat, Sabtu dan Minggu (30-31/3), Adieta yang bertarung di kelas novice berhasil menjuarai race pertama.

Memulai dari pole position, Adieta meninggalkan Achmad Fachri selepas start. Selanjutnya pembalap kelahiran Balangan itu melaju sendirian, begitu pula Fachri yang mampu bertahan di posisi kedua.

Komposisi tersebut tidak berubah hingga 16 lap terlewati. Sementara peringkat ketiga diisi Azi Ziad Noersalam. Pembalap Jawa Barat ini sendiri baru hijrah ke Kalsel dan memperkuat Honda Sensen.

balapmotor
balapmotor

Sementara di race kedua, Adieta tertahan di urutan ketujuh. Padahal mantan pembalap HRVRT BGM HBM  ini sempat menorehkan best time 59,917 detik.

Meski demikian, Kalsel masih memiliki Muhammad Noor yang bercokol sebagai runner up. Sedangkan Azi mempertahankan posisi yang didapatkan di race pertama.

Kemudian dari kelas expert, Hendra Rusadi menandai comeback ke Region IV dengan finish ketiga di race pertama.

Lantas di race kedua, mantan pembalap Yamaha Bahtera Tulungagung ini naik satu peringkat lebih baik. Baik race pertama maupun kedua dimenangi Arianto Tarzan.

art kalimantan
art kalimantan

Meski demikian, Arianto tidak mendapatkan poin lantaran sudah terdaftar sebagai pembalap Region II Jawa. Hasil ini membuat Hendra yang sementara memimpin klasemen expert.

Sebenarnya tidak cuma Hendra yang pulang ke kampung halaman. Iman Micko Eryandi juga kembali bersaing di Region IV, setelah memperkuat Yamaha Bahtera di Region II musim 2018.

Iman bahkan melengkapi kepulangan dengan kembali memperkuat RFRT SAS ADJ GNB menggantikan Reynaldi Pradana. Peraih dua emas Porprov Kalsel 2017 ini berduet dengan Dedy Rieswandi.

Hanya pencapaian Iman kurang maksimal. Setelah finish kedelapan di race pertama, Iman malah gagal mendapatkan poin di race terakhir akibat kendala teknis.

duasaudara
duasaudara

Sementara dari kelas rookie, hasil terbaik diperoleh Alief Maulana yang menyelesaikan race kedua di peringkat ketiga. Sebelumnya di race pembuka, satu-satunya pembalap Kalsel di kelas pemula ini menempati urutan keempat.

Seri pembuka Kejurnas MotoPrix Region IV 2019 ini sekaligus debut aturan baru. Selain motor yang digunakan hanya berkapasitas 150cc, kelas pun tinggal tiga dari sebelumnya enam.

Penyebutan kelas seeded, pemula A dan pemula B yang familiar dalam dua tahun terakhir, telah diubah menjadi expert, novice dan rookie karena mengacu event balap internasional.

Kelas rookie diikuti pembalap berusia 10 sampai 16 tahun dengan motor injeksi 150cc standar. Kemudian novice dengan kriteria usia 14 hingga 20 tahun dengan motor 150cc injeksi tune up.

tmcblog
tmcblog

Sementara expert adalah kelas dengan pembalap yang berusia minimal 16 tahun hingga maksimal 50 tahun. Kelas ini juga menggunakan motor 150cc tune up injeksi.

Selain dibedakan usia, expert dan novice memiliki perbedaan lain. Khusus kelas expert, semua motor diharuskan menggunakan throttle body 30 milimeter.

Sebelumnya ukuran throttle body ini sempat dipermasalahkan, karena hanya Honda yang menggunakan throttle body 30 milimeter. Sedangkan Yamaha 28 milimeter dan Suzuki 32 milimeter.

Dipastikan pembalap membutuhkan fisik prima dan keseimbangan strategi, lantaran kesemua kelas dilaksanakan dalam dua race. Kemudian start race kedua menggunakan format World SuperBike (WSBK).

Hasil Kejurnas MotoPrix Region IV Seri 1

Race I
Rookie Class
1. Azi Firdaus (Kalbar/ART Honda Kalimantan)
2. S Rollis (Kaltim/Tani Jaya Racing)
3. Arya Resya (Kalteng/Dit’s Racing Putra Kahayan)
4. Alief Maulana (Kalsel/D4RT Ancai Dayat Bersaudara)
5. M Sairaji (Kaltim/99 Jari Jempol)
Novice Class
1. Adieta Herianoor (Kalsel/ART Honda Kalimantan)
2. Achmad Fahri (Kalbar/ART Honda Kalimantan)
3. Azi Ziad Noersalam (Kalsel/Sensen MKO PSD Creampie)
4. M Noor (Kalsel/Dit’s Palangka Raya Kota Cantik)
5. Farrel Rahman (Kaltim/BKV Motorsport)
Expert Class
1. Arianto Tarzan (DKI Jakarta/Reny Abadi MBKW2)
2. Sulung Giwa (Kaltim/Yamaha Yamalube Aditama)
3. Hendra Rusadi (Kalsel/ART Honda Kalimantan)
4. Abdul Hamid (Kaltim/Dit’s Kota Cantik)
5. Ary Nugroho (Kalteng/Dit’s Kota Cantik)

Race II
Rookie Class
1. Azi Firdaus (Kalbar/ART Honda Kalimantan)
2. S Rollis (Kaltim/Tani Jaya Racing)
3. Alief Maulana (Kalsel/D4RT Ancai Dayat Bersaudara)
4. Ahmad Sayuti (Kalteng/EMRT 43)
5. Irfan Ronal (Kaltim/Azahra Raya Tama)
Novice Class
1. Achmad Fahri (Kalbar/ART Honda Kalimantan)
2. M Noor (Kalsel/Dit’s Kota Cantik)
3. Azi Ziad Noersalam (Kalsel/Sensen MKO PSD Creampie)
4. Abdul Wahid (Kalteng/Jay’s Racing)
5. Farrel Rahman (Kaltim/BKV Motorsport)
Expert Class
1. Arianto Tarzan (DKI Jakarta/Reny Abadi MBKW2)
2. Hendra Rusadi (Kalsel/ART Honda Kalimantan)
3. Sulung Giwa (Kaltim/Yamaha Yamalube Aditama)
4. Rudy Salim (Kaltim/ART Honda Kalimantan)
5. Yossie Legisadewo (Kalbar/ART Honda Kalimantan)

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783