Dishub Banjar Gandeng IMI


Dishub Banjar_02

DINAS Perhubungan (Dishub) Banjar menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalimantan Selatan mengkampanyekan safety driving/riding dalam Pelatihan Dasar Perhubungan Darat Angkatan II, Kamis (2/5).

Peserta pelatihan merupakan sopir kendaraan roda empat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pejabat dalam lingkup Pemkab Banjar.

“Terdapat sekitar 40 peserta yang rata-rata sopir mobil dinas pejabat. Mereka perlu mendapat pelatihan dari IMI yang mengetahui praktik di lapangan, salah satunya keamanan dalam berkonvoi,” papar Kepala Dishub Banjar HM Aidil Basith.

“Peserta juga dapat memahami cara yang benar dan tepat, seandainya terjadi situasi darurat seperti salah satu ban pecah,” tambahnya.

Sementara Ketua IMI Kalsel, Ir Edy Sudarmadi, salut dengan Dishub Banjar yang menjadi pelopor kegiatan safety driving/riding dari lingkungan pemerintahan di Kalimantan Selatan.

“Banjar merupakan daerah pertama yang menjalin kerjasama dengan IMI Kalsel, sehingga kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya,” ungkap Edy.

Dalam paparan pembuka, Edy menyampaikan bahwa hal mendasar dalam konvoi adalah bahwa pengguna jalan lain memiliki hak yang sama.

Namun demikian, aturan tersebut tidak berlaku untuk keadaan darurat seperti mobil ambulance atau pemadam kebakaran.

“Terkadang karena merasa sudah berkonvoi, lalu merasa sebagai pemilik jalan. Mindset inilah yang harus diluruskan,” tambah Edy.

Dalam pelatihan tersebut, ditekankan arti penting sikap dalam perjalanan seperti ketaatan dengan peraturan lalu lintas, berbagi jalan dan memikirkan orang lain.

Juga dipaparkan kemungkin risiko kecelakaan berdasarkan kecepatan kendaraan. Kendati demikian, kecelakaan pun dapat dihindari dengan penguasaan keterampilan dasar berkendara.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783