Angka Kecelakaan Lalin Meningkat


PENGGUNA jalan raya di Kalimantan Selatan diperingatkan untuk lebih berhati-hati, mengingat angka kecelakaan hingga Mei 2019 naik dibanding 2018.

Kenaikan yang tidak dikehendaki tersebut terlihat dari pembayaran premi asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja antara 2018 hingga Mei 2019.

“Pembayaran premi kecelakaan sepanjang 2018 adalah sebesar Rp5 miliar lebih,” jelas Kepala Cabang Jasa Raharja Kalsel, Muhammad Zulham Pane, seperti dilansir LKBN Antara, Senin (20/5).

“Sedangkan hingga Mei 2019, telah mencapai Rp7 miliar lebih. Kenaikan tersebut mungkin juga dipengaruhi Pemilu 2019,” sambungnya.

Jasa Raharja adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertanggung jawab mengelola asuransi kecelakaan lalu lintas.

okezone
okezone

“Sekarang menjelang mudik lebaran, kami telah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Kalsel, Dishub, Dinas PUPR, BPBD dan instansi terkait demi kelancaran perjalanan pemudik,” jelas Zulham.

“Kami juga sempat ikut meninjau situasi jalanan menuju Kotabaru dan Tabalong untuk memastikan titik rawan lalu lintas. Juga beberapa lokasi wisata di Kalsel,” sambungnya.

Berdasarkan update terakhir dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI, kondisi jalan nasional di Kalsel sudah 90 persen bagus.

“Sedangkan sisanya dalam proses pengerjaan. Dijanjikan dalam H-7, seluruh pengerjaan tersebut dituntaskan. Kalau terdapat proyek yang belum selesai, diberikan rambu-rambu tertentu,” tambah Zulham.

borneonews
borneonews

Sementara Ditlantas Polda Kalsel memberikan atensi khusus dengan memantau jalur rawan longsor di perbatasan Kalsel dengan Kalimantan Timur.

“Terdapat jalur rawan longsor di Desa Lano, Kecamatan Jaro, Tabalong. Situasi tersebut patut diwaspadai, mengingat kepadatan jalur ini dipastikan meningkat selama mudik lebaran,” timpal Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto.

“Selain titik rawan longsor, beberapa titik mengalami kerusakan aspal. Diharapkan semua pemudik berhati-hati, baik ketika melewati jalanan mulus maupun rusak,” tandasnya.

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783