Rihan Mengibarkan Merah Putih Di APRC

budi santen
budi santen

BERMODAL ketenangan dan kendaraan mumpuni, HM Rihan Variza menjuarai seri kedua Asian Pasific Rally Championship (APRC) Asia Cup 2019 di Perkebunan Lonsum Rambung Sialang Estate, Sumatera Utara, Sabtu hingga Minggu (27-28/7).

Berpasangan dengan navigator Andy Rendi, pereli Kalimantan Selatan itu memuncaki 7 dari 10 Special Stage (SS), serta total time tercepat 2:05:39,0 detik.

Pereli HRVRT BGM HBM BMB Binuang ini mengungguli Priamanaya Djan dengan navigator Hade Mboi. Pereli senior tersebut membukukan total time 2:19:38,2 detik.

Pereli dari Italia, Fabio Friserio dengan navigator Giovani Agnese, hanya menempati urutan keempat. Mereka masih kalah peringkat dari Aldrian Suwandi dan navigator Remy Capri.

“Persaingan benar-benar ketat, terutama karena banyak pereli berpengalaman. Bahkan Fabio dan Giovani merupakan runner up Asia Cup 2018,” ungkap Rihan.

Trek Rambung Sialang pernah dijadikan lokasi World Rally Championship (WRC) 1997. Dari total 10 Special Stage (SS), pereli menempuh jarak total 169,53 kilometer.

hrvrt
hrvrt

Sedangkan APRC terakhir yang berlangsung di Tanah Air, digelar di Makassar pada pertengahan 2009.

“Lintasan juga cukup sulit, selain cuaca panas yang banyak menguras stamina. Kalau saya bisa menang, itu disebabkan doa dan dukungan dari banua,” imbuh Rihan.

Disamping harus bersaing melawan pereli-pereli berpengalaman, Rihan juga masih beradaptasi dengan mobil anyar Mazda 2 AP4 berhomologasi Federasi Otosport Internasional (FIA) yang dibeli dari Force Motorsport Selandia Baru di akhir April 2019.

Oleh karena berhomologasi FIA untuk APRC, Rihan dihadapkan kepada kendaraan canggih yang belum pernah dikendarai dalam event-event sebelumnya.

Bahkan feature-feature canggih tersebut juga harus dilakukan penyetelan yang menyesuaikan keinginan driver dan permukaan lintasan.

“Kami bersiap sekitar tiga bulan untuk pengetesan mobil dan pengenalan trek. Alhamdulillah persiapan itu berhasil baik,” jelas Rihan.

Rihan sendiri hanya menempati peringkat keempat di SS pertama sejauh 11,01 kilometer. Bahkan di pertengahan lintasan, ayah tiga anak itu sempat salah jalur.

Sebaliknya Priamanaya/Hade, Fabio/Giovanni dan Edwin Djaya/Gulam Dwialam menempati peringkat tiga teratas.

hrvrt
hrvrt

Memasuki SS 2 sejauh 17 kilometer, penampilan Rihan/Andy mulai membaik dengan finish kedua atau hanya tertinggal 29,8 detik dari Priamanaya.

Kemudian di SS 3 yang menempuh jarak 24,90 kilometer, Rihan/Andy memperlihatkan kebangkitan untuk membukukan waktu tercepat 17,40,8 detik.

Sejak SS 4, Rihan/Rendy tidak terkejar hingga SS 8. Oleh karena sudah aman, mereka memutuskan bermain aman dalam dua SS terakhir yang dimenangi Fabio/Giovanni.

Keberhasilan ini sekaligus menempatkan Rihan di peringkat teratas klasemen sementara Asia Cup 2019 dengan 39 poin. Rihan unggul 1 poin atas pereli Jepan, Suguru Kawana, dari Cusco Team Citroen.

Priamanaya menduduki peringkat ketiga dengan 30, diikuti Atsushi Masumura 29 poin dan Mike Young 26 poin.

Pencapaian ini menjadi modal penting Rihan, seandainya memutuskan mengikuti seri selanjutnya di Jepang yang berlangsung pertengahan Agustus 2019.

“Saya belum memutuskan mengikuti seri berikutnya di Jepang. Semuanya masih didiskusikan dengan tim,” tandas Rihan.

Selain putaran kedua APRC Asia Cup, Rambung Sialang juga menjadi venue seri pertama dan kedua Kejurnas Rally 2019.

fiaaprc
fiaaprc

Dari 6 SS yang menandai seri pertama, Subhan Aksa bersama navigator Mago Sarwono. Sejak SS 2 hingga terakhir, pereli FBRT Sport ini terus membukukan waktu terbaik.

Rihan menempel di peringkat kedua dengan overall 1:18:17 detik. Sedangkan juara Kejurnas Rally Indonesia 2018, Ryan Nirwan, menduduki peringkat ketiga.

Lantas di seri kedua, Subhan masih berada di posisi teratas berkat keberhasilan mencatatkan total waktu 46:07.6 detik.

Ryan bersama navigator Garindra Kusuma menembus peringkat kedua, tepat di depan Rizal Sungkar/Edwin Nasution. Sementara Rihan menghuni urutan keempat dengan total waktu 47:21,2 detik.

Hasil Putaran Kedua APRC Asia Rally Cup
1. HM Rihan Variza/Andy Rendi (Indonesia)
2. Priamanaya Djan/Hade Mboi (Indonesia)
3. Edwin Djaya/Gulam Dwialam (Indonesia)
4. Aldrian Suwandi/Remy Capri (Indonesia)
5. Fabio Frisiero/Giovanni Agnese (Italia)

Hasil Seri I Kejurnas Rally 2019
1. Subhan Aksa/Mago Sarwono (FBRT Sports)
2. Rihan Variza/Andi Rendy (HRVRT BGM HBM BMB)
3. Ryan Nirwan/Garindra Kusuma (BRM Motorsport)
4. Rizky Prayoga/Donny Wardono (HRVRT BGM HBM BMB)
5. Bimo Pradikto/M Herkusuma (RFT Motorsport)

Hasil Seri II Kejurnas Rally 2019
1. Subhan Aksa/Mago Sarwono (FBRT Sports)
2. Ryan Nirwan/Garindra Kusuma (BRM Motorsport)
3. Rizal Sungkar/Edwin Nst (RFT Motorsport 2)
4. Rihan Variza/Andi Rendy (HRVRT BGM HBM BMB)
5. Priamanaya Djan/Hade Mboi (FBRT Sports)

Leave a comment

  • IMI KALSEL

    JL. Mistar Cokrokusumo No 14 RT 013 RW 003 Sungai Besar - Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70174 +62 511 4777 837 / Fax +62 511 4772783